Nalar.ID

Kemendag Dorong Produk Gula Kelapa RI Masuk Pasar Australia

Nalar.ID, JAKARTA – Kementerian Perdagangan melalui Atase Perdagangan RI di Canberra kembali mendorong perluasan pasar produk Indonesia di wilayah Australia.

Salah satunya dengan memfasilitasi penandatanganan perjanjian kerja sama antara Global Coco Sugar, produsen gula kelapa asal Indonesia, dengan Import United Ausindo Pty Ltd, sebagai agen eksklusif Global Coco Sugar untuk pemasaran di wilayah Australia, Selandia Baru, dan Kepulauan Pasifik pada Rabu (5/6).

“Penandatanganan ini diharapkan dapat mendukung upaya Kementerian Perdagangan meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Australia, Selandia Baru, dan Kepulauan Pasifik. Pemerintah berkomitmen untuk mendukung serta menjembatani para pelaku usaha kedua negara untuk melakukan kerja sama serupa di masa mendatang, sehingga akan memperluas pasar produk Indonesia,” jelas Atase Perdagangan RI di Canberra Agung Haris Setiawan, dalam keterangan resmi diterima Nalar.ID.

Menurut Haris, perjanjian kerja sama ini akan memperluas jangkauan produk Global Coco Sugar serta memenuhi permintaan gula kelapa berkualitas tinggi yang meningkat di pasar global.

Di sisi lain, Import United Ausindo merupakan perusahaan impor Australia yang telah memiliki pengalaman dalam mempromosikan berbagai produk dan memiliki jaringan distribusi di Australia, Selandia Baru, dan Kepulauan Pasifik.

Direktur Global Coco Sugar Rifqi Hermawan menyampaikan, pihaknya sangat berharap perjanjian ini akan memberikan manfaat besar terhadap distribusi produknya.

“Kami memberikan apresiasi kepada Import United Ausindo dan Atdag Canberra atas penandatanganan kerja sama ini. Semoga kemitraan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua perusahaan dan pada 2028 akan mencapai target penjualan sebesar USD 2 juta,” ujar Rifqi yang juga akan berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2024.

Manajer Umum Import United Ausindo, Fikri Azis sangat terkesan dengan kualitas produk dan komitmen Global Coco Sugar terhadap keberlanjutan.

“Kami yakin bahwa produk Global Coco Sugar akan diterima dengan baik oleh pelanggan kami, dan kami berharap dapat mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan untuk tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Jangka waktu perjanjian ini berlaku selama tiga tahun awal dengan opsi untuk diperpanjang sesuai dengan evaluasi yang akan dilakukan. Nantinya, Import United Ausindo akan menerima komisi atas semua penjualan langsung dan tidak langsung berdasarkan perjanjian tersebut.

Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi