Nalar.ID

Kemenparekraf Raih Predikat Informatif di Anugerah KIP 2021

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meraih predikat Badan Publik Informatif dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 yang diinisiasi Komisi Informasi Pusat (KIP). 

Penetapan tersebut didasarkan atas monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap empat indikator penilaian, yakni Indikator Pengembangan Website, Indikator Pengumuman Informasi Publik, Indikator Pelayanan Informasi Publik, dan Indikator Penyediaan Informasi Publik. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataanya di Jakarta, Selasa (26/10/2021) mengatakan, selain fokus meningkatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf juga konsisten mendukung keterbukaan informasi publik sebagai wujud transparansi dalam pelayanan bagi masyarakat.

“Selama 1,5 tahun terakhir, kita berjuang bersama melawan pandemi covid-19 yang memberikan dampak luar biasa, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Namun kita harus optimis dan semangat untuk bangkit. Diharapkan hal ini akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, menggerakan ekonomi nasional dan turut mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Peningkatan pelayanan informasi publik dilakukan di berbagai platform digital yang dimiliki dengan mengutamakan kecepatan dan ketepatan mendapatkan informasi publik yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Layanan tersebut dapat diakses melalui: Chatbot, Contact Center, Media Sosial, Website www.kemenparekraf.go.id, Microsite pedulicovid19.kemenparekraf.go.id, Microsite ppid.kemenparekraf.go.id, Aplikasi community hub yang melibatkan teman-teman komunitas parekraf, Wonderful Images, Pesona E-Magz dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.

Kemenpareraf/Baparekraf selaku Badan publik yang dinilai juga harus membuat video presentasi dan menghadiri presentasi keterbukaan informasi publik yang diuji oleh tim penilai Komisi Informasi Pusat pada tanggal 14 Oktober 2021.Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 dilaksanakan secara daring pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi