Nalar.ID

Kementerian BUMN Aksi Program Relawan Bakti BUMN di Raja Ampat

Nalar.ID, JAKARTA – Kementerian BUMN kembali mengadakan aksi Program Relawan Bakti BUMN batch V yang menjadi bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN. 

Program inisiasi Kementerian BUMN ini dilaksanakan pada 20-22 Mei 2024 di 10 lokasi berbeda, antara lain; Raja Ampat, Maumere, Samboja, Bukit Tinggi, Magelang, Pontianak, Bengkalis, Bantul, Morowali dan Mojokerto. Bersinergi dengan PT Pelindo, TJSL PT Askrindo juga turut berpartisipasi dalam program Relawan Bakti BUMN Batch V dibidang lingkungan, konservasi alam serta sosial kemasyarakatan. 

Direktur Utama Askrindo, Fankar Umran, bersama Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman mendampingi Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, pada Senin (20/5) melakukan pembukaan secara simbolis program Relawan Bakti BUMN Batch V di Raja Ampat, Papua Barat Daya. 

Fankar mengatakan saat ini berfokus pada kepedulian terhadap lingkungan seperti penyelaman untuk melakukan reahabilitasi terumbu karang disekitar pulau Yefkabu dan serta penanaman mangrove di Pulau Mutus. 

“Pengukuran Gas Rumah Kaca (GRK) mangrove guna untuk mengetahui kualitas udara di wilayah sekitar mangrove dan juga mempromosikan kegiatan adopsi tanaman mangrove. Langkah-langkah ini guna mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni ekosistem lautan dan daratan selain itu program-program Bakti BUMN di Raja Ampat ini tidak hanya untuk lingkungan namun juga pemberdayaan masyarakat serta pelestarian lingkungan di kawasan wisata Raja Ampat,” ujar Fankar dalam siaran pers, Selasa (21/5/2024).

Selama 4 hari (19-22 Mei) telah memulai kegiatan dengan memberikan edukasi branding dan hospitality kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Piyanemo, memberikan edukasi kepada pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terkait organisasi dan keuangan serta melakukan revitalisasi fasilitas pendukung, dan melakukan revitalisasi fasilitas pendukung homestay dan memberikan edukasi terkait hospitality. 

“Kami percaya bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, kita dapat membantu UMKM dan pengelola BUMDes di Raja Ampat untuk lebih berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas,” tambah Fankar. 

Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi