Nalar.ID

Kemitraan ASEAN-Korsel Pulihkan Ekonomi Kawasan

Nalar.ID, Jakarta – Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN dari Istana Negara, Jakarta, 12 November 2020. Presiden optimis terhadap kemitraan ASEAN dan Korea Selatan yang terjalin baik, meski dunia menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, kemitraan yang terjalin erat mendapat kontribusi bagi menanggulangi pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Akhir 2019, di Busan saya menyampaikan optimisme terhadap Kemitraan ASEAN-Korea Selatan di tengah pandemi ini bahwa kemitraan strategis ini dapat berkontribusi bagi upaya melawan pandemi dan pemulihan ekonomi di kawasan,” kata Jokowi.

Terkait pemulihan ekonomi kawasan, butuh kolaborasi menumbuhkan harapan baru bagi masyarakat dan dunia usaha, Salah satu upaya menumbuhkan harapan baru masyarakat adalah integrasi ekonomi di kawasan, termasuk melalui RCEP dan FTA (free trade agreement) ASEAN-Korea Selatan.

Jokowi mengapresiasi komitmen Korea Selatan terhadap integrasi ekonomi kawasan dan penandatanganan RCEP tahun 2020. Terkait penguatan kerja sama dalam ketahanan kesehatan, pemulihan ekonomi hanya berjalan baik bila ada jaminan kesehatan.

Jaminan kesehatan akan memberi rasa optimis bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk kembali menjalankan roda perekonomian. Oleh karena itu, penanganan kesehatan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini harus berjalan seiring upaya pemulihan ekonomi kawasan.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi