Nalar.ID

Kerja Ekspor, Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Nalar.ID, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan dukungan atas partisipasi Indonesia pada pameran dagang Gamescom 2022 pada 24-28 Agustus 2022 di Cologne, Jerman.

Sebanyak 13 pelaku usaha gim Indonesia terpilih melalui rangkaian rekrutmen terbuka dan kurasi untuk mengikuti Gamescom 2022. Partisipasi Indonesia mengusung tema “GotGame.id: Games From Indonesia”.

“Kementerian Perdagangan mendukung pengembangan sektor jasa Indonesia, khususnya gim. Kami harap hasil kegiatan ini dapat memberikan semangat bagi para pelaku usaha industri gim Indonesia untuk terus maju dan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan, di acara The Weekly Brief with Sandi Uno, belum lama ini, secara virtual.

Mendag berharap, melalui partisipasi ini, industri gim Indonesia dapat semakin ‘go international’ dan aktif dalam rantai pasok global industri digital dan kreatif.

Kementerian Perdagangan akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait serta membantu pelaku usaha secara berkesinambungan dalam mempromosikan sektor gim kedepannya.

“Saya yakin dengan kapasitas talenta yang terus berkembang dan dukungan dari semua pemangku kepentingan, gim Indonesia akan menjadi generator baru ekonomi nasional karena multiplier effect yang dihasilkan kepada industri gim itu sendiri, sektor pariwisata, perdagangan dan sektor-sektor yang lain,” jelas Mendag.

Berdasarkan data riset New Zoo pada 2020, nilai ekonomi gim di Indonesia mencapai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 24,2 triliun.

Namun, pengembang gim lokal hanya menyerap 0,5 persen atau USD 8 juta atau Rp 114 miliar. Disisi lain, industri gim Indonesia berhasil menyumbang 2,19 persen atau Rp 24,88 triliun dari total produk domestik bruto (PDB).

“Hal ini menunjukkan pemanfaatan gim lokal terus mengalami peningkatan yang signifikan,” imbuhnya.

Menurutnya, kekayaan alam, sejarah yang penuh nilai-nilai luhur bangsa, keberagaman budaya, cerita rakyat, dan 801 bahasa daerah menjadi inspirasi dalam pembuatan gim di Indonesia.

“Kombinasi antara lanskap digital dan potensi sumber cerita lokal sangat menarik untuk dikembangkan sehingga kita dapat mengambil pangsa pasar yang dikuasai oleh gim dari luar,” urainya.

Selain dukungan melalui promosi luar negeri, lanjut Mendag, bentuk dukungan lainnya yang dapat dilakukan yaitu melalui promosi di dalam negeri.

Kampanye Bangga Buatan Indonesia bisa menjadi wadah untuk mempromosikan gim asli buatan Indonesia misalnya melalui promosi di berbagai pameran, jumpa animator dan tokoh/karakter gim asli Indonesia di mal-mal yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Hal kecil ini bisa memberikan dampak yang besar dan mampu mempromosikan produk gim asli buatan Indonesia langsung ke tengah-tengah masyarakat sehingga nantinya akan membangkitkan minat untuk menggunakan gim asli Indonesia dibanding dengan gim asal luar negeri,” katanya.

Mendag juga menyampaikan, upaya lain yang dilakukan Kementerian Perdagangan dalam mendukung industri gim Indonesia guna menembus pasar global.

Salah satunya melalui misi dagang untuk Tokyo Games Show 2022 di Tokyo, Jepang pada 15–18 September 2022. Misi dagang akan diisi dengan forum bisnis dan penjajakan kesepakatan bisnis (one on one business matching).

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi