Nalar.ID

Kolaborasi Seru Nagaswara-Triangle Hadirkan Penyanyi Viral

Nalar.ID, Jakarta – Membuka awal tahun, Nagaswara bersama Kobar Pragita Musik dan channel asal Yogyakarta, Triangle, menyelenggarakan acara musik bertajuk ‘Intimate Show Concert (Triangle Lebih Dekat)’ di Graha Persada Convention Resort & Hotel, Yogyakarta, Minggu (6/2/2022) malam.

Acara ini menampilkan penyanyi Arvian Dwi, Zindin Zidan, Tri Suaka, Astroni. Serta dua artis Nagaswara, yakni Dinda Permata dan Denias.

Dinda Permata mengaku senang bisa berkontribusi di acara yang juga tayang secara live streaming di akun YouTube Nagaswara dan Triangle itu.

“Apalagi sudah lama nggak manggung karena Covid-19. Artis-artis Triangle juga keren. Ada nama-nama viral, seperti Zidan dan Tri Suaka,” tukas Dinda.

Tak hanya suguhan panggung musik, penonton yang hadir di lokasi di kawasan Kaliurang itu juga bisa ikut sesi diskusi bertema ‘Mengenal YouTube Copyright’. Diskusi ini menghadirkan Rahayu Kertawiguna (Owner Nagaswara) dan Bimas Nurcahya (Owner Pragita Publishing), sebagai pemateri.

Rahayu Kertawiguna mengungkapkan bahwa industri musik saat ini sudah banyak berubah.

“Sekarang ini, peran YouTube menjadi sangat penting. Namun, meng-cover lagu di YouTube tentu ada pakem. Ini harus dipahami dengan baik,” jelas Rahayu.

Persoalan Hukum

Hal senada diungkapkan oleh Bimas Nurcahya. Diakuinya, YouTube membuka ruang yang sangat luas bagi para artis atau konten kreator untuk berkarya. Namun, sama halnya dengan Rahayu, Bimas juga menekankan kepada para YouTuber untuk memahami hak cipta.

“Kita harus benar-benar memahami copyright ini agar tak hanya menguntungkan mereka yang meng-cover. Tapi, di situ juga ada hak pencipta atau pemilik lagu. Persoalan hukum bisa timbul kalau melanggar copyright,” tukas Bimas.

Sejauh ini, tak sedikit penyanyi atau musisi yang lahir dan sangat popular di YouTube. Mereka meng-cover lagu penyanyi lain atau membawakan lagu-lagu karya sendiri.

Di antaranya, Arvian Dwi, Zindin Zidan, Tri Suaka, dan Nabila Maharani. Lagu-lagu milik sendiri yang mereka bawakan atau cover di YouTube, meraup puluhan juta viewers dalam waktu relatif singkat. 

Mereka berada di bawah kelola channel YouTube Triangle. Sejak dibentuk Oktober 2021, channel itu telah menghasilkan konten-konten yang bertengger di trending YouTube.

Termasuk berhasil mendapatkan silver button YouTube dalam satu bulan sejak awal dirilis. Ke depan, channel Triangle akan banyak berkolaborasi dengan artis-artis Nagaswara.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi