Nalar.ID

Kolaborasi Seru Pembukaan JFW 2022

Nalar.ID, Jakarta – Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 resmi dibuka pada 25 November 2021. Pekan mode terbesar di Asia Tenggara ini diselenggarakan secara virtual selama empat hari, sejak 25-28 November 2021.

Di hari pertama, JFW 2022 menghadirkan empat show berbeda. Di Opening Show, JFW 2021 menampilkan JFW 2022 Icons, Ken dan Intan bersama grand final dan model yang lolos kurasi JFW Model Search 2021.

Mereka memeragakan perwakilan koleksi dari 75 desainer dan label yang berpartisipasi di JFW 2022. Untuk show ke-2, Senayan City x Samsung menghadirkan koleksi dari Jeffry Tan dan SOE Jakarta.

Terinspirasi tiga destinasi favoritnya, yaitu Paris, Bali, dan Tokyo, Jeffry Tan
mengetengahkan koleksi womenswear terbaru dengan sentuhan opulence khas Parisian, nyaman dan santai ala Bali. Serta detil origami dan kimono khas Jepang.

SOE Jakarta terinspirasi hobi baru yang meluas dalam dua tahun terakhir, seperti merajut dan menjahit, yang hadir lewat detail crochet, cording, dan patchwork di koleksi mereka yang menggunakan kain tenun hasil buatan tangan perajin di Pekalongan dan dipadukan dengan kain modern, seperti organza. Desainnya bisa dibongkar pasang untuk mendapat bentuk yang baru.

Kolaborasi seru yang tiada henti membuka JFW 2022 masih berlanjut hingga show penutup di hari pertama. TikTok Runway Show mempersembahkan karya dari Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji.

Berkolaborasi dengan Dian Sastrowardoyo, Sejauh Mata Memandang hadirkan koleksi bertajuk Tumbuh, yang secara spesial juga menandai perayaan ulang tahun ke-7 dari label ini.

Berniat mengajak kita semua untuk merawat dan mencintai Bumi, koleksi Sejauh Mata Memandang di panggung JFW 2022 terinspirasi kegiatan sehari-hari, seperti menanam dan berkebun. Pakaian sehari-hari dengan sentuhan warna cerah khas TikTok dan memasukkan unsur siluet beberapa baju nasional pun ditonjolkan.

Lain lagi dengan Danjyo Hiyoji, yang memamerkan deretan busana dengan sentuhan warna-warna TikTok, yaitu hitam, putih, splash blue, dan razzmatazz fuchsia dengansentuhan streetwear boldness khas Danjyo.

Selain empat fashion show, hari pertama JFW 2022 menghadirkan Fashion Conversation berkolaborasi dengan Institut Français Indonesia, dalam tema Reinventing Fashion Week Post-Pandemic.

Penulis: Veronica Dila | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi