Nalar.ID

Kolaborasi TikTok-Desainer di JFW 2022

Nalar.ID, Jakarta – Perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 telah diselenggarakan selama empat hari, mulai dari 25-28 November 2021. Selain melibatkan lebih dari 70 desainer dalam 16 show, JFW berkolaborasi dengan beberapa pihak, salah satunya dengan TikTok.

Tahun ini merupakan kali kedua JFW bekerja sama dengan TikTok yang menjadi wadah penyelenggaraan audisi Jakarta Fashion Week Model Search 2021.

Kolaborasi JFW dan TikTok selama JFW Model Search 2021 tak hanya berhasil menjaring talenta-talenta baru di bidang modeling, tapi mengumpulkan puluhan juta views untuk hashtag challenge #inigayamodelJFW.

“Meski baru dua kali menjalin kerja sama dengan TikTok, Jakarta Fashion Week sudah merasa memiliki chemistry sangat baik dengan TikTok. Saat berkolaborasi dengan TikTok di tahun lalu, penayangan JFW 2020 menjadi fashion event pertama yang dihadirkan di TikTok Indonesia. Tiktok juga sudah menjadi partner penting bagi JFW untuk menyebarkan berita dari JFW ke seluruh Indonesia, bahkan dunia,” kata Svida Alisjahbana, Ketua Umum Jakarta Fashion Week dan Direktur Utama GCM Group, kepada Nalar.ID.

Lebih spesial lagi, TikTok siap menghadirkan show penuh makna di panggung JFW 2022 dengan menghadirkan dua label ternama Tanah Air, yaitu Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang.

Kerja sama ini tak hanya sementara-kolaborasi antara TikTok bersama dengan Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang juga menyimpan kampanye bersifat positif.

“Senang rasanya saat tahu fashion menjadi salah satu konten terbanyak di TikTok dan diajak kolaborasi oleh TikTok untuk membuat koleksi khusus. Kami langsung bersemangat memikirkan ide seperti apa yang harus dituangkan dalam menciptakan koleksi ini karena kami ingin ada cerita di setiap koleksi, termasuk koleksi khusus bersama TikTok ini,” kata
Dana Maulana, Co-Founder and Director Danjyo Hiyoji.

Selain meluncurkan koleksi khusus dari Danjyo Hiyoji dan Sejauh Mata Memandang, TikTok akan menghadirkan dua hashtag challenge yang juga berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji, yaitu #SejauhManaKamuPeduli dan #ThisIsMyBoldMove, dengan konten berfokus pada isu-isu sosial.

Melalui langkah awal dengan mengembangkan konten fashion di TikTok dan bekerja sama dengan JFW, ke depannya TikTok berharap akan selalu memberdayakan desainer fashion lokal dan komunitas fashion di TikTok.

“Mengacu pada fakta bahwa ada banyak konten fashion yang dibagikan di TikTok, kami berharap seluruh pelaku industri fashion juga bisa menggunakan peluang tersebut untuk menjangkau target pasarnya lebih jauh lagi dengan menghadirkan konten yang positif, kreatif, dan otentik sehingga kami bisa menciptakan ekosistem baru di industri fashion,”
ujar Fandhy.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi