Nalar.ID

Konferensi Video Bikin Kuota Boros? Ini Tips Hemat Kuota

Nalar.ID, Jakarta – Belakangan, rapat jarak jauh secara online dengan aplikasi video konferensi marak berlangsung. Salah satunya melalui aplikasi Zoom.

Video konferensi memudahkan banyak orang terhubung untuk bekerja hingga belajar. Sayangnya, Anda juga mesti waspada hati agar kuota data tidak tersedot.

Dikutip dari laman Cornell, Rabu (13/5/2020), berikut sejumlah tips menghemat kuota selama pemakaian aplikasi video konferensi Zoom.

  1. Cek dahulu, apakah Anda telah mengaktifkan resolusi HD. Jika sudah, matikan resolusi HD. Sebab resolusi HD membutuhkan lebih banyak data.
  2. Lalu, mematikan kamera untung mengurangi jumlah data. Ini bisa dicoba ketika tidak ada rapat yang begitu penting.
  3. Nonaktifkan suara bila sedang tidak berbicara untuk mengurangi data yang terkuras. Gunakan tombol bungkam (mute)di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio.
  4. Tingkatkan keseluruhan kinerja Zoom dengan tidak menjalankan aplikasi lain selama rapat, yang juga memungkinkan menggunakan sebagian besar bandwidth Anda. Contoh program intensif data mungkin termasuk streaming video atau situs musik.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi