Nalar.ID

Kota Pertama Peluncuran Program Bantuan Tunai untuk PKL-Warung

Nalar.ID, Jakarta – Pemerintah resmi meluncurkan Program Bantuan Tunai untuk pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW) di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/9/2021). Bantuan itu adalah bentuk dukungan bagi pelaku usaha. Khususnya sektor usaha mikro di tengah pandemi.

Bantuan ini secara spesifik menyasar PKL dan warung di kabupaten/kota yang menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021 dan belum mendapat bantuan melalui skema Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“BTPKLW, selain sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan, namun jadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyempatkan diri berdialog langsung dengan PKL dan pemilik warung penerima bantuan. Salah satunya adalah Leli Hadijah, penjual ayam geprek yang memiliki target pasar para pegawai kantor.

Kota Medan menjadi kota pertama penerima bantuan BTPKLW. Sebab, peran strategis kota ini sebagai episentrum perekonomian di Pulau Sumatra.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi