Nalar.ID

Lambat Update Info, Anggota DPR Ali Zamroni Minta Kemendikbud Tunjuk Jubir Pendidikan

Nalar.ID, Jakarta – Perlambatan dalam merespon dinamika dunia pendidikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) disayangkan anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Ali Zamroni.

Salah satunya, menurut legislator Dapil Banten ini, Kemendikbud tidak memiliki juru bicara yang andal dan update dalam menyebarluaskan info seputar pendidikan bagi masyarakat.

“Sampai sekarang kebijakan atas simpang siur proses pembelajaran siswa di sekolah membingungkan. Tak hanya masyarakat, tapi juga guru dan orangtua siswa,” kata Ali, kepada Nalar.ID, Kamis (4/6/2020).

Ketiadaan Arah

Situasi tersebut, diakuinya turut diperparah oleh belum adanya kejelasan dari Kemendikbud kepada masyarakat. Seharusnya, kata Ali, di masa pandemi ini Kemendikbud harus memiliki juru bicara kementerian.

“Artinya, secara rinci terus menyampaikan informasi tentang kondisi dan situasi terkini tentang pendidikan kita. Seperti PPDB dan mulai waktu pembelajaran sekolah dan perkuliahan secara konprehensif,” jelasnya.

Ali menilai, jangan sampai pendidikan di Indonesia seperti tidak mempunyai kompas yang jelas.

Daerah 3T

Menurutnya, saat ini orang tua, guru, dosen, siswa, mahasiswa dan stakeholder pendidikan gamang oleh kehadiran simpang siur informasi yang berkembang.

“Apalagi siswa di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) dengan akses pendidikannya jauh berbeda dengan kondisi siswa di kota atau daerah besar di Indonesia. Ini semakin membuat bingung para siswa karena informasi yang simpang siur tersebut. Kasihan para siswa, akses pendidikannya kurang memadai. Terlebih informasi yang tak jelas seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Maka itu, kata Ali, kesimpangsiuran ini harus segera dijawab oleh pemegang otoritas meskipun, yakni Kemendikbud.

“Kemendikbud harus selalu koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 di pusat,” sambungnya.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi