Nalar.ID

Lembata Pasang 24 Site Internet Gratis

Nalar.ID – Badan Aksesibilitas Komunikasi Telekomunikasi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika memasang bantuan 24 site internet gratis di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Teknisi instalasi antena VSAT dari PT. Bintang Komunikasi Utama Jakarta tiba di Lewoleba, Kecamatan Nubatuka, Lembata, NTT, sejak akhir November 2019.

Tujuh teknisi dan barang access point, mikrotik, antena, antena VSAT, modem dan kelengkapan lain di distribusi ke lokasi pemasangan. Pemasangan di tujuh titik Kecamatan Buyasuri, teknisi dipandu kepala Seksi Pos dan Telekomunikasi Marselus Molan. BAKTI merinci, dari 24 site bantuan internet gratis itu, tujuh titik berada di Kecamatan Buyasuri, yakni SMP Satap Tobotani, SMP Satap 92 Bean, SMKN 1 Buyasuri, SMPN 1 dan SMPN 2 Buyasuri. Serta Kantor Camat Buyasuri di Wairiang dan Kantor Desa Buriwutung.

Titik pemasangan tersebar di sejumlah sekolah di Kabupaten Lembata. Sebanyak 24 site pemasangan instalasi antena VSAT di Lembata terkoneksi dengan empat satelit. Yaitu, PT. Pacifik Satelit Nusantara dengan Palapa C2 Satelite, PT. Telkom dengan Apstar 5 satelite, PT Indo Pratama Teleglobal dengan satelite SES 8, dan PT Iforte milik pemerintah USA dengan Apstar 5 satelite.

Pengerjaan instalasi WiFi ini mencapai 100 meter dengan kecepatan 2Mbps. Pemasangan ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat lain di pelosok Nusantara. “Pekerjaan ini adalah wujud nyata BAKTI Kominfo mewujudkan Indonesia bebas sinyal 2020,” kata teknisi asal Medan Adiputra Sinaga. Pemasangan instalasi ini disambut gembira masyarakat di sana. Dengan internet, memudahkan penyelenggara pendidikan mengirim data dan laporan pendidikan. Serta penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sekolah masing-masing.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi