Nalar.ID

Literasi Digital Sektor Pemerintahan ke Pegawai ASN Kemendikbudristek

Nalar.ID, Jakarta – Kemenkominfo berkolaborasi dengan Kemendikbudristek dalam menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bogor, Senin-Kamis, 27-30 Maret 2023.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Hotel Santika, Kota Bogor dan diikuti oleh lebih dari 8000 peserta yang hadir secara luring maupun daring pada hari pertama yang terdiri dari dua batch, dengan target capaian sebanyak 6000 ASN Kemendikbudristek dalam menjalankan tugas dan fungsi sektor pemerintahan di tingkat pusat dan daerah.

Kegiatan ini juga dapat diikuti secara daring melalui live streaming Youtube dan Zoom. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ASN Kemendikbudristek dalam menunjang tugas dan fungsinya di bidang teknologi digital.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center (KIC) pada tahun 2022 lalu yang menunjukkan bahwa kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia dinilai sebesar 3.54 dari 5.00. Berdasarkan hal tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang”.

Kegiatan literasi digital yang diselenggarakan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintahan daerah tingkat pusat dan daerah ini merupakan salah satu upaya Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintahan daerah menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim yang menyampaikan bahwa kegiatan Literasi Digital bagi ASN menjadi kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para ASN Kemendikbudristek.

“Melalui penyelenggaraan Literasi Digital yang dilaksanakan secara masif dan dipadukan dengan program Merdeka Belajar akan meningkatkan kompetensi atau kemampuan ASN Kemendikbudristek,” tuturnya.

Editor: Alamsyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi