Nalar.ID

Makna Debut Single ‘Enough’ Nadine Fatiana

Nalar.ID, Jakarta – Muda dan bertalenta. Dua kata yang patut disematkan untuk Youtuber berusia 14 tahun bernama Nadine Fatiana. Terbilang belia, ia memantapkan diri untuk terjun di industri musik Indonesia dengan melepas debut single Enough pada Jumat (26/2/2021) ini.

Dalam pengerjaannya, ia menggandeng solois wanita Madukina, untuk menulis lirik bersama. Sedangkan pada produksi dan aransemen, dara ayu kelahiran 3 Juni 2007 ini melibatkan produser handal Mahatamtama Arya Adinegara.

Keterlibatan dua nama itu dalam proses karya single bisa menjadi refleksi jika bakat Nadine patut mencuri perhatian.

Lagu Enough menyimpan pesan motivasi yang terinspirasi dari pengalaman hidupnya. Cewek penggemar IU, Maroon 5, dan Tulus itu berpersan bahwa meski setiap orang selalu menyimpan ketidaksempurnaan, tak perlu khawatir. Sebab, selalu ada kecantikan dari dalam (beauty inside) selalu terpancar.

Proses pembuatan single Enough digarap Nadine bersama Madukina dan Mahatamtama kurang lebih sebulan. Diawali dengan membuat beat. Berlanjut penulisan lirik, hingga melodi lagu.

Proses pembuatan lirik terbilang menyenangkan. Mengingat meski sebelumnya belum pernah terjun di dunia songwriting, Nadine terbilang lihai dalam mengombinasikan diksi dan melodi.

Jika dinikmati seksama, single Enough mengusung nuansa R&B yang juga banyak ter-influence oleh musik-musik K-Pop.

“Aku sebenarnya sudah terpikir cukup lama merilis single. Baru tahun 2021, aku mulai mantab melepas karya sendiri,” kata cewek penggemar skate dan melukis ini.

Sebelumnya, tahun 2020, ia cukup aktif membuat berbagai video cover. Beberapa di antaranya, BBIBBI dari IU, Jatuh Hati dari Raisa, serta Love Story dari Taylor Swift.

Ia berharap jika single ini bisa memberi semangat dan menghadirkan motivasi bagi mereka yang kadang dilanda rasa tak percaya diri.

“Semoga lewat lagu ini, ada banyak orang merasa relate dan punya perasaan yang sama. Biar mereka makin percaya diri,” pungkasnya.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi