Nalar.ID

Hari Perempuan Internasional, Ini Harapan Ade Fitrie Kirana

Nalar.ID – Hari Perempuan Internasional (HPI) atau International Women’s Day jatuh pada 8 Maret 2019 lalu. Tema balance for better dipilih menjadi tema HPI 2019 terkait keseimbangan atau kesetaraan dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satunya perempuan dan kesetaraan dalam aktivitas berpolitik. Berikut penjelasan Ketua Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA) Ade Fitrie Kirana, kepada Nalar.ID, belum lama ini.

Apa makna peringatan hari perempuan internasional bagi Anda?

Ini simbol tekad internasional untuk tujuan suci, yaitu memuliakan perempuan, memerhatikan pandangan dan opininya. Serta memberi ruang adil di berbagai pentas politik, ekonomi dan sosial, sampai memerhatikan dan menyelesaikan persoalannya.

Di kami (YPPA), setiap hari adalah hari perempuan. Perhatian dan kerja keras kami tak bernah berhenti mengurus perempuan dan anak di Indonesia.

Tantangan perempuan yang belum tuntas?

Begitu banyak sehingga sulit menyebutkan salah satu persoalan krusial. Kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan kesempatan adil di dunia kerja adalah beberapa persoalan yang dihadapi para perempuan di Indonesia yang patut diberikan perhatian lebih.

ade fitrie kirana - nalar.id
Ade Fitrie Kirana. NALAR/Dok.pri.

Posisi dan peran pemerintah terhadap keberpihakan perempuan?

Tidak instan. Yang dilakukan setiap pemerintahan dan presiden sejak Indonesia merdeka tahun 1945 sampai kini patut dihormati. Penyelesaian persoalan perempuan sebagai proses. Saat bersamaan, kami percaya, proses ini bisa ditempuh oleh Indonesia dengan kecepatan lebih dari sekarang.

Negara telah melindungi keberpihakan perempuan Indonesia?

Ini memiliki arti luas. Tergantung aspek yang ingin didalami. Sejarah dunia kontemporer membuktikan bahwa tak ada negara di dunia yang rugi akibat keberpihakan secara maksimal dan menyeluruh terhadap kaum perempuan. Justru, negara-negara yang sukses, maju dan bergenerasi sehat, adalah negara-negara yang menjaga keberpihakan terhadap perempuan dalam berbagai kondisi dan perkembangan.

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi