Nalar.ID, Palembang – Kota Palembang di Sumatra Selatan telah membangun Mal Pelayanan Publik. Rencananya, mal ini bakal diresmikan pada Maret 2020 mendatang. Pusat pelayanan modern di Bumi Sriwijaya ini memiliki 200 jenis layanan dari 31 unit pelayanan.
Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa, meninjau MPP itu untuk memastikan kelayakannya.
“Semua layanan yang sudah masuk harus bersatu menjadi MPP Kota Palembang,” kata Diah, saat peninjauan persiapan launching MPP Palembang, Senin (17/2/2020).
Diah menilai, banyaknya unit pelayanan di MPP Kota Palembang, menjadikan MPP ini paling beragam. Tak hanya itu, MPP Kota Palembang juga yang terluas di Indonesia dengan total luas area mencapai dua hektar.
22 MPP di Berbagai Daerah
MPP di kota yang terkenal dengan makanan khas pempek ini, memiliki layanan kependudukan, BPJS, pertanahan, perizinan usaha, perbankan, layanan kepolisisan, dan lain sebagainya.
“Dengan wilayah yang cukup luas, saya tantang Pak Kapolres untuk menyediakan layanan SIM drive-thru tak hanya SIM C, namun bisa SIM A,” papar Diah, saat meninjau lokasi MPP, sekaligus dihadiri Kapolrestabes Palembang Kombes Anom Setyadji.
Adapun, pembangunan MPP ini sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Salah satu meningkatkan peringkat Ease of Doing business (EoDB) di Indonesia.
Hingga kini, Kementerian PANRB bekerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait sudah mendirikan 22 MPP yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.
MPP Kota Palembang resmi beroperasi secara bertahap sejak Januari 2020. Kehadiran MPP di Kota Palembang dapat menjawab segala kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang cepat, murah, aman, efisien, dan tidak berbelit.
Kata Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa menuturkan bahwa dirinya akan mendukung segala bentuk peningkatan pelayanan publik.
“Kota Palembang dari sisi layanan publik, termasuk yang bagus. Dari sisi evaluasi, Palembang selalu meraih predikat A,” pungkasnya.
Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar
Komentar