Nalar.ID

Mau Kunjung ke Acara Maritim Terbesar di Indonesia? Kesini, Yuk!

Nalar.ID, Sumbawa – Sail Moyo Tambora 2018, resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, di Pelabuhan Badas, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/9).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, yang juga bertindak sebagai kepala penyelenggaraan mengatakan, “Dukungan Kemenhub pada kegiatan ini terkait dukungan transportasi dan akomodasi.”

Yang telah disiapkan diantaranya 4 unit kapal negara KN. Grantin, KN. Nusa Penida, KL. Bung Tomo, dan KL Hasanuddin. Serta 1 unit Kapal Tol Laut KM dan logistik nusantara 4 untuk penginapan.

“Dukungan transportasi udara yakni menambah jumlah flight maskapai dan waktu operasional Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin agar beroperasi hingga pukul 21.00 WITA. Transportasi darat, mengirim 30 bus dan fasilitas pendukung lain,” kata Budi.

Sail Moyo Tambora 2018 adalah acara tahunan Sail Indonesia 2018. Bertujuan mempercepat pembangunan daerah dan mempromosikan potensi wisata maritim Indonesia dan Sumbawa, pada khususnya. Sail Moyo Tambora 2018 digelar pada 9 – 23 September 2018 di Pulau Sumbawa NTB, yang merupakan satu dari 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Sementara, rangkaian kegiatan lain untuk menyemarakkan acara antara lain, pre-event Tambora Volcano Tour dan International Yacht Rally, yang diikuti 140 kapal yacht dari 38 negara. Jalur ini melintasi jalur Sail Moyo Tambora di perairan Indonesia, Culture Performance Moyo Tambora, Expo Maritim and Tourism, City Parade, Moyo Tambora Fun Run, International Culinary Program dan bakti sosial.

Termasuk kegiatan lain, seperti dialog budaya, Investment Forum, Seminar International Asia Pasifik Geopark Network, dan International Paragliding.

Selain pembukaan Sail Moyo Tambora 2018, juga diresmikan sejumlah pembangunan infrastruktur dan pariwisata di Sumbawa. Diantaranya penetapan Taman Nasional Moyo Tambora, peresmian Jembatan Samota, dan peresmian Terminal Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III, dengan luas 2.790 meter persegi.

Penulis: Erha Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi