Nalar.ID

Mengenal 8 Aplikasi Online Meeting Saat WFH

Nalar.ID, Jakarta – Teknologi dibutuhkan dalam mendukung pekerjaan. Terutama saat bekerja dari rumah atau work from home di tengah suasana pandemi Covid-19.

Salah satunya melalui aplikasi konferensi video yang digunakan untuk rapat jarak jauh. Sejak wabah ini meluas, turut hadir sejumlah aplikasi konferensi video gratis. Aplikasi-aplikasi ini mampu menampung banyak peserta.

Dikutip Nalar.ID dari berbagai sumber, berikut aplikasi untuk membantu Anda menggelar pertemuan atau rapat jarak jauh dari rumah tanpa tertular virus Covid-19.

Zoho Meeting

Alat ini dipakai untuk rapat online maupun webinars (web seminars). Hadir dengan banyak fitur. Aneka fitur, berupa membagikan layar Anda, mematikan mikrofon peserta, dan merekam perbincangan grup.

Hangouts Meet

Adalah aplikasi konferensi video milik Google. Memungkinkan pengguna menggelar pertemuan hingga 250 peserta. Sebenarnya angka pengguna itu bisa berbeda, tergantung paket yang Anda daftarkan saat registrasi.

Zoom

Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan video call jarak jauh, bahkan lebih dari 500 peserta. Sistem ini bisa digunakan gratis dan berbayar. Untuk berbayar, Zoom menawarkan empat tingkat harga berbeda untuk langganan bisnis. Sementara versi gratis, dapat mengadakan rapat tanpa batas, namun rapat grup dibatasi peserta sampai 40 menit dan tak bisa direkam.

Microsoft Teams

Aplikasi ini menjadi layanan baru sebagai pengganti Skype for Business. Layanan

Itu sudah mengombinasikan pesan dan video konferensi. Dapat digunakan untuk 250 peserta.

WhatsApp

Aplikasi ini menawarkan panggilan video yang sekarang telah ditingkatkan hingga delapan peserta. Aplikasi ini bisa digunakan saat rapat dengan sedikit anggota. Sebelumnya, video call WhatsApp hanya terbatas empat orang. Aplikasi ini mudah digunakan untuk ponsel Android atau iOS.

GoToMeeting 

Dapat menampung hingga 3.000 peserta dalam satu kali rapat. Dapat bergabung melalui PC atau perangkat seluler. Layanan ini punya semua opsi standar dan menawarkan tiga paket yang berbeda satu sama lain dalam harga, dukungan jumlah peserta dan fitur.

Facebook Messenger

Mudah di unggah di smartphone Android atau iOS. Messenger dapat digunakan dengan koneksi internet yang lambat karena otomatis menyesuaikan koneksi dengan kualitas gambar. Walau gambar video tampak sedikit buram, kualitas suaranya tetap bagus.

Skype

Menawarkan teks, voice, dan video call yang dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini bisa diunduh gratis, serta mendukung berbagai platform seperti Windows, Mac, iOS, Android dan Linux.

Dahulu Skype kerap digunakan oleh teman dan keluarga yang tinggal berjauhan agar saling bertatap wajah. Cocok untuk meeting atau video call untuk melepas rindu, aplikasi ini bisa mengumpulkan 50 orang dalam satu panggilan yang dapat direkam, disimpan, dan dibagikan.

Selain itu ada fitur caption dan subtitle agar pengguna lebih menyenangkan. Aplikasi bisa diunduh ke tablet, Xbox dan device Alexa.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi