Nalar.ID

Mengenal Smart Water Management, Alat Pantau Pengelolaan Air

Nalar.ID, Jakarta – Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyinggung tentang penerapan Smart Water Management (SWM) di Indonesia.

Diketahui, SWM merupakan optimasi penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Terapan ini menyediakan data real-time otomatik mengenai kondisi sumber daya air dan lingkungan. Serta prakiraan kondisi cuaca dan iklim.

“Nantinya, data-data ini bisa digunakan untuk menyelesaikan tantangan-tantangan pengelolaan sumber daya air yang telah dilakukan berdasarkan Pengelolaan SDA Terpadu,” tulis, seperti dikutip akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

Kata Basuki, potensi penerapan SWM di pengelolaan sumber daya air sangat luas. Seperti mencakup pengelolaan kuantitas, efisiensi penggunaan air irigasi, kualitas, pemantauan keamanan infrastruktur SDA, penanganan risiko bencana alam terkait air, dan kekeringan.

SWM telah diterapkan bersama BMKG. Tujuanya guna mendukung Flood Early Warning System dan Drought Early Warning System.

Penerapan lainnya, adalah untuk real-time memantau infrastruktur sumber air melalui program Dam Operational and Improvement Safety Project. Serta berbagai pemanfaatan dan strategi mengoptimalkan penggunaan sumber daya air.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi