Nalar.ID

Mengenal Tea Mixologist, Kompetisi Seduh Teh Pertama di Indonesia

Jakarta, Nalar.ID – Selain bisa dinikmati sebagai minuman hangat, teh bisa dikreasikan menjadi minuman modern. Menambahkan teh ke dalam minuman juga bisa menambah nilai minuman itu. Sebab, teh dianggap sebagai minuman banyak manfaat untuk kesehatan.

“Banyak ragam dan cerita menarik yang bisa diangkat,” kata pakar teh Ratna Somantri, ditemui disela kompetisi SIAL Interfood, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/11).

Nilai lebih dan manfaat teh tersebut yang menginisiasi Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) mengadakan lomba unik bertajuk Tea Brewing Competition, Tea Mixologist.

Diketahui, kompetisi ini baru kali pertama diadakan di Indonesia. Ratna, sekaligus pihak AISTea, memberikan pandangan terkait penyelenggaraan kompetisi ini. Menurutnya, tea mixologist, merupakan sesuatu yang baru di Tanah Air.

Peluang Besar

Tak sedikit peserta yang ikut kompetisi ini adalah barista dan chef yang mulai memelajari teh dan tertarik menambahkan teh dalam kreasi minuman mereka.

“Dengan kebaruan ini, demand-nya terbuka lebar. Saat ini, pertumbuhan kafe sangat tinggi. Mereka butuh variasi minuman yang berbeda untuk meningkatkan daya saing. Minuman berbahan dasar teh adalah salah satu pilihan karena unik, enak, dan sehat.”

Saat ini Indonesia memili 50 ragam teh. Menurut pendapat Ratna, belum banyak orang Indonesia yang tahu mengenai teh-teh Indonesia yang masuk kategori specialty tea. “Karena mayoritas teh-nya masih untuk ekspor,” imbuhnya.

Di Indonesia, sudah ada teh dengan kategori tersebut. Produknya bisa dibeli mudah di pasar. Classic tea series, terdiri atas white, green, black, dan jasmine tea, adalah contoh teh Indonesia grade specialty tea. 2Tang, adalah salah satu merk teh kategori itu, sekaligus sponsor kompetisi ini.

Namun, beberapa teh Indonesia grade specialty tea lain yang sudah diberi merk, masih terbatas pemasaran. Kompetisi ini diharapkan, membuat pasar teh specialty tea di Indonesia menjadi semakin berkembang.

Tips Sajikan Teh

Ratna Somantri, memberikan tips, bagaimana menyajikan teh dengan baik. Ada lima hal penting harus diperhatikan, diantaranya:

  1. Kualitas teh dan cara menyimpan teh, agar kualitas tetap terjaga.
  2. Kualitas air dan suhu air. Tiap jenis teh, memerlukan suhu air berbeda dalam penyeduhannya.
  3. Waktu seduh. Untuk hasil seduhan teh optimal, teh diseduh dengan waktu seduh yang tepat.
  4. Rasio teh dan air. Terlalu banyak teh membuat hasil seduhan terlalu pekat. Sebaliknya, terlalu sedikit teh, membuat teh encer.
  5. Terakhir, peralatan teh.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi