Nalar.ID

Menkominfo: Selebgram Harus Kena Pajak

Nalar.ID – Selebgram atau selebriti Instagram, menjadi ladang pencaharian baru yang meraup penghasilan menggiurkan. Peluang bisnis ini memperoleh pemasukan dari mempromosikan produk. Istilah lainnya: endorsement (endorse).

Ternyata, pendapatan fantastis dari selebgram ini menjadi perbincangan hangat di pemerintahan. Khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pasalnya, belum ada peraturan pemerintah yang membidik penarikan pajak artis dunia maya tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan, sudah sepatutnya selebgram iktu dikenakan pajak.

“Ini untuk menciptakan keadilan atau fairness bagi wajib pajak lainnya. Contoh lainnya, artis yang tampil di televisi. Mereka tetap jadi wajib pajak. Ikut membayar kewajiban juga,” kata Rudi, kepada Nalar.ID, di Jakarta, pekan lalu.

Ia menilai, sebenarnya, jika saat ini kaum selebriti arau artis di dunia nyata atau tampil perform di televisi dikenakan pajak. “Di dunia maya juga harus ikut kena, dong. Harus fair,” sahutnya.

Hanya saja, lanjutnya, sampai saat ini memang belum ada pembahasan terkait pajak untuk selebgram. Soal ini, Rudi, menyerahkan kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Kementerian ini memiliki kewenangan penuh untuk mengaturnya.

“Nanti bagaimana caranya, orang-orang pajak yang mengatur. Saya belum tahu apakah akan dikaji,” tutupnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi