Nalar.ID

Menteri Bintang Minta Komitmen Perusahaan Penuhi Hak Anak  

Nalar.ID – Peran dunia usaha dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak memiliki andil yang cukup besar. Hal itu dilakukan dengan mewujudkan perusahaan layak anak yang telah dilakukan oleh Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengapresiasi langkah APSAI yang sudah sejak 2011 berkomitmen mendukung perlindungan dan pemenuhan hak anak di Indonesia Baik melalui kebijakan maupun produk yang dihasilkan.

”Besar keingintahuan saya agar kedepan sama-sama bersinergi demi kepentingan perempuan dan anak di Indonesia,” kata Menteri Bintang, pada pembukaan Rapat Kerja Nasional APSAI, di Legian, Bali, akhir November lalu.

Sementara itu, Ketua Umum APSAI Pusat, Luhur Budijarso menjelaskan saat ini telah terbentuk 27 APSAI di pusat dan daerah. Total keanggotaan lebih-kurang 720 perusahaan. Di mana angka itu meningkat pesat dua tahun terakhir.

”Jumlah perusahaan yang bergabung bukan angka istimewa. Tapi jika kita petakan sampai anak perusahaan dan vendor di dalam dan komitmen sungguh-sungguh, maka dampak yang dihasilkan lebih komprehensif,” ujar Luhur.

Luhur menambahkan ada tiga hal yang diperjuangkan oleh APSAI. Ini sejalan dengan Kementerian PPPA, yakni; Policy, Product, dan Program.

Policy, atau peraturan perusahaan adalah awal memulai perubahan. Contoh, dengan menerapkan peraturan melarang pekerja anak di perusahaan. Kemudian, Product, bagaimana perusahaan bisa membuat product ramah anak meski bidang mereka tidak berkaitan dengan anak.

Terakhir, Program. Perusahaan harus memiliki sebuah program corporate social responsibility (CSR) yang sasarannya adalah anak.

Menteri Bintang menambahkan, kehadiran APSAI di pusat maupun daerah bisa jadi salah satu solusi persoalan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi