Nalar.ID

Menteri Johnny: Digitalisasi Perkuat Resiliensi

Nalar.ID, Jakarta – Percepatan transformasi digital selama pandemi Covid-19 menjadi salah satu penopang pemulihan perekonomian nasional.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, resiliensi bangsa juga ditunjukkan dari bangkitnya sektor ekonomi digital yang jadi salah satu kunci kekuatan ekonomi Indonesia.

“Digitalisasi UMKM sebagai penyokong ekonomi bangsa jadi salah satu kunci dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,44% (y-o-y) di kuartal dua tahun ini,” jelasnya, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022), dikutip Nalar.ID dari Kominfo.go.id.

Menurut Menteri Johnny, tahun 2020, ketika pandemi mulai menghantam dunia, sektor informatika dan komunikasi di Indonesia tumbuh positif mencapai 10,61% (c-to-c). 

“Demikian tahun 2021, sektor ini kembali bertumbuh 6,81 persen (c-to-c). Pertumbuhan ini diraih karena shifting ke adopsi teknologi masif yang menopang sebagian besar kehidupan masyarakat ketika pandemi, termasuk sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” tuturnya. 

Menkominfo menyatakan pertumbuhan itu juga didukung keberadaan dua decacorn dan sembilan unicorn karya anak bangsa yang diproyeksikan akan terus bertambah seiring akselerasi transformasi digital nasional.

Mengutip hasil studi John Hopkins University, negara Indonesia mendapat penghargaan sebagai salah satu negara dengan penanganan pandemi Covid-19 terbaik di dunia.

Bahkan, jadi satu negara dengan jumlah vaksinasi terbesar di dunia, yaitu mencapai 432 juta dosis hingga saat ini. 

Guna mendukung resiliensi bangsa di era kedaulatan digital, Menkominfo menyatakan Pemerintah terus membangun infrastruktur digital, masyarakat digital, serta pemerintahan digital guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

Penulis: Alamsyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi