Nalar.ID

Menuju Masyarakat Industri 4.0, Perkuat Komitmen-Kolaborasi

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjadi enabler untuk masyarakat Indonesia memasuki era industri 4.0. Menurut Menkominfo Johnny G. Plate, untuk menjalankan tugas itu, perlu komitmen kuat. Serta kolaborasi dengan kementerian, lembaga dan ekosistem.

“Untuk Indonesia, tugas utama dan landasan dasarnya dipercayakan kepada kita, karena Kominfo adalah enabler untuk masyarakat Indonesia masuk industri 4.0,” kata Johnny di Yogyakarta.

Menteri Johnny menekankan tugas Kemenkominfo menyediakan ekosistem digital dari hulu ke hilir. Mencakup pembangunan infrastruktur telekomunikasi hingga memastikan kualitas talenta digital nasional.

“Kita diberi tanggung jawab memastikan ketersediaan infrastruktur ICT merata di seluruh wilayah Indonesia dan memastikan bahwa hilirisasi infrastruktur ICT harus sudah dimanfaatkan dan digunakan secara optimal dan maksimal,” tegasnya.

Menurutnya pembangunan infrastruktur dan hilirisasi pemanfaatannya oleh masyarakat, juga harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital nasional.

Selain itu, Kemenkominfo mendapat tugas dan tanggung jawab dalam memastikan tata kelola sumber daya spektrum frekuensi yang optimal dan efiesien. Hal itu merupakan proyeksi kebutuhan digitalisasi yang begitu besar. Menurutnya, tugas penting Kemenkominfo memastikan ketersediaan payung hukum yang memadai.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi