Nalar.ID

Milenial Mau Jualan Online? Ini Tips Sandiaga Uno

Nalar.ID, Jakarta – Pandemi memicu dampak ekonomi masyarakatnya. Termasuk angka pengangguran karena pemutusan tenaga kerja (PMH). Sandiaga Salahudin Uno meminta milenial tidak lagi menggantungkan nasibnya pada perusahaan-perusahaan. Caranya, milenial dapat menciptakan peluang bisnis sendiri. Serta memanfaatkan dunia digital guna meningkatkan ekonomi dan kapasitas diri.

Dengan dampak yang cukup terasa, Sandi mengimbau milenial harus berani bangkit dan mulai mencari peluang bisnis untuk bertahan hidup.

Ada sejumlah langkah agar UMKM bisa bertahan di tengah pandemi. Sandi berbagi langkah dan harus berani merubah bisnis model.

“Misalnya, jika awalnya bisnis fesyen yang mandek, tapi karena hobi masak, mungkin dapat mencoba bisnis kuliner. Lalu harus berani modifikasi produk yang disesuaikan dengan tren pasar saat ini,” kata Sandi, belum lama ini.

Menurutnya, yang terpenting, yakni jika ingin berwirausaha adalah harus mampu mengubah pola pikir.

“Ini kesempatannya. Di masa-masa mendatang ini adalah masa keemasan ekonomi dan dunia usaha Indonesia, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang,” tambahnya.

Manfaatkan Teknologi

Selain itu, di realita saat ini, UMKM harus pandai memanfaatkan teknologi dalam memasarkan produknya. UMKM juga harus pintar memaksimalkan teknologi digital untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau jasanya ke masyarakat umum.

“Solusinya adalah mulai membangun kolaborasi antar UMKM agar bersinergi membangun usaha yang lebih kokoh. Kalau semua step sudah dilakukan, yang terakhir adalah mulai merancang rencana pemulihan usaha pasca bencana,” ujarnya.

Sandi menjelaskan, kaum milenial yang kini menjadi mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi untuk berusaha.

“Ini, kan generasi-generasi yang dahsyat. Sebelum pandemi, mereka sudah digital needed dan milenial ini menjadi lini terakhir kita untuk di pandemi ini. Milenial juga jadi tulang punggung di fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan,” tambahnya.

“Buat anak muda, khususnya yang cari lapangan kerja, ambil hikmah dari pandemi ini. Temukan potensi diri kita. Mungkin selama ini tersimpan, tapi kita abaikan,” tutupnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi