Nalar.ID

Minat Produk Beras Jagung-Singkong HOKI Terus Meningkat di Awal 2024

Nalar.ID, JAKARTA – PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., (HOKI), produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia melihat bahwa minat masyarakat terhadap produk DailyMeal Rice berupa beras jagung dan beras singkong terus meningkat di awal tahun 2024.

Oleh karena itu, Perseroan akan mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal ke berbagai pasar eceran dan farmasi. Salah satu pendorong permintaan produk DailyMeal adalah kepedulian masyarakat akan kesehatan.

Saat ini masyarakat sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi serta rendah gula. DailyMeal Rice merupakan beras khusus yang bebas akan gula. Meski demikian, rasa produknya sendiri mirip seperti nasi biasa dan pulen.

“Hingga awal tahun 2024, produk DailyMeal terus mengalami pertumbuhan dibuktikan dengan produk yang diisikan di rak-rak minimarket maupun retail ketika terjadi kelangkaan beras putih,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo.

Selain meningkatkan jaringan distribusi, HOKI juga menambah varian produk DailyMeal yaitu beras merah. Sebagai informasi, saat ini DailyMeal, adalah produk baru FMCG (fast moving consumer goods) dari HOKI yang terdiri dari DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats.

DailyMeal Rice adalah produk beras kemasan sehat yang saat ini memiliki varian Beras Jagung, Beras Singkong.

Adapun DailyMeal Eats adalah produk beras berbumbu warisan Nusantara yang telah menyajikan pilihan varian Nasi Uduk, Nasi Kebuli dan Nasi Goreng Spesial Pedas.

Dalam rangka semakin mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal, HOKI akan terus menggencarkan pemasaran ke berbagai retail market untuk semakin memudahkan konsumen mendapatkannya. Saat ini, produk DailyMeal ini sudah bisa ditemukan di berbagai retail market terdekat seperti Indomaret, Alfamidi, Superindo, Hero, Lottemart, HariHari, dan sebagainya.

Mulai Kuartal-IV tahun 2023, Perseroan telah memperbanyak jaringan distribusi di berbagai wilayah di Pulau Jawa. Tidak hanya melalui retail market, penambahan jaringan distribusi DailyMeal juga dilakukan melalui jaringan retail farmasi seperti Kimia Farma, Watsons dan Century, bahkan juga tersedia di stasiun pengisian bahan-bakar umum Shell.

Sejak diluncurkan pada tahun 2022 sebagai bagian dari proses transformasi usaha HOKI ke bisnis FMCG, permintaan terhadap produk beras khusus dengan merek DailyMeal yang dijalankan oleh anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari kinerja HDN yang membukukan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar di kuartal III 2023, meningkat 843% YoY.

Semua perkembangan positif tersebut semakin menguatkan tekat Perseroan untuk terus fokus pada upaya pengembangan bisnis FMCG agar tidak bergantung ke produksi dan distribusi beras putih saja. Oleh karenanya, meski industri beras penuh tantangan, tetapi demi melihat minat konsumen yang masih positif terhadap produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eat, Perseroan optimis tahun ini akan dapat mencapai pertumbuhan penjualan diatas 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini HOKI menganggarkan belanja modal atau Capex sekitar Rp 15 miliar. Mayoritas dari belanja modal tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk FMCG melalui PT HDN seperti pembelian tanah, pembangunan pabrik dan lainnya.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi