Nalar.ID

Miss Indonesia 2022: Paket Manner, Impressive, Smart dan Social

Nalar.ID, Jakarta – Ajang kompetisi kecantikan bergengsi di Tanah Air, Miss Indonesia, kembali digelar tahun 2022 usai sempat vakum akibat pendemi Covid-19, sebelumnya.

Gelaran malam puncak kompetisi kecantikan ke-17 ini akan berlangsung pada 15 September 2022 pukul 17.00 WIB di RCTI dari studio Studio RCTI+, Jakarta.

“Kebahagiaan bagi kami, Yayasan Miss Indonesia, dapat kembali menyelenggarakan ajang kecantikan Miss Indonesia 2022. Dengan segala tantangan yang muncul akibat pandemi, kami berhasil melalui sehingga terpilih 37 finalis yang mewakili 37 provinsi Indonesia untuk memperebutkan gelar Miss Indonesia 2022. Pemenang, nanti mewakili Indonesia di ajang kecantikan dunia Miss World,” kata Liliana Tanoesoedibjo, Chairwoman of Miss Indonesia Organization, dalam jumpa pers jelang Miss Indonesia 2022, Jumat (9/9/2022) di MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta.

Selain Liliana Tanoesoedijo (Chairwoman Miss Indonesia Organization & Ketua Dewan Juri Miss Indonesia 2022), jumpa pers turut dihadiri oleh Kanti Mirdiati (Project Director Miss Indonesia 2022), Lina Priscilla (Managing Director Star Media Nusantara), Dini Putri (Programming & Acquisition Director RCTI), dan Carla Yules (Miss Indonesia 2020).

Adapun, tahun ini, jumlah kontestan Miss Indonesia jadi 37, menyusul bertambahnya provinsi di Indonesia karena ada pemekaran Provinsi Papua yang menghasilkan tiga provinsi baru, yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Oleh karena itu, bertambahnya kontestan dari Timur, khususnya Papua, persaingan Miss Indonesia 2022 kian ketat.

Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, Miss Indonesia mencari sosok wanita yang tak hanya cantik. Namun, harus memiliki kriteria sebagai “MISS”, M= Manner, I=Impressive, S=Smart, S=Social.

“Ini bentuk konsistensi Yayasan Miss Indonesia bersama RCTI, serta MNC Group, untuk selalu mendukung setiap jejak wanita-wanita Indonesia agar mampu mengharumkan nama bangsa,” ucap Kanti Mirdiati, Project Director Of Miss Indonesia 2022.

Diketahui, Panita Yayasan Miss Indonesia 2022, menghadapi tantangan berat di tahun ini untuk menggelar ajang ini.

Apa saja? Contoh, babak audisi, yang biasanya dilakukan langsung di kota-kota besar di Indonesia, namun karena kondisi tak memungkinkan maka audisi dilakukan online dengan memanfaatkan media sosial.

Walau begitu, peserta yang lolos dari babak audisi online harus tetap melanjutkan ke tahap tatap muka. Ini untuk mempresentasikan diri langsung di hadapan juri, hingga sampai akhirnya terpilih 37 finalis dari ratusan kontestan yang ikut audisi.

Setelah itu, 37 finalis yang terpilih akan menjalani masa karantina yang selama dua pekan, mulai 1 September 2022. Seluruh kualifikasi dan kompetensi akan diperhatikan sejak para finalis memasuki masa karantina hingga malam puncak dengan standarisasi yang terus ditingkatkan tiap tahun.

Berbagai pembekalan dari orang-orang berkompeten dibidangnya akan diberi ke seluruh finalis selama di masa karantina. Mulai dari pengetahuan umum, sosial, budaya, kecantikan, olahraga, kesenian, psikologi, kepribadian, serta pembentukan karakter.

Carla Yules, Miss Indonesia 202, berharap nantinya yang menerima crown Miss Indonesia 2022 bukan hanya cantik tapi dari manners, impresive.

“Manners, impresive itu seluruhnya dipenuhi karena merupakan kriteria dari Miss Indonesia. Terpenting, ia harus memiliki inner beauty dari dalam, yaitu hati, pikiran, dan seluruh jiwa raga harus dipenuhi oleh kebaikan,” ungkap Carla.

Selain itu, Malam Puncak Miss Indonesia 2022 nanti menyajikan tampilan panggung yang megah dan tata lampu menawan. Selain artis Tanah Air, juga hadir tamu spesial dari Miss World Organization, yaitu Miss World 2021, Karolina Bielawska.

Bagi pemenang Miss Indonesia 2022, berhak mewakili Indonesia di Miss World. Wakil Indonesia di ajang Miss World, di tahun-tahun sebelumnya, membuat dunia yakin, bahwa wanita Indonesia pantas disejajarkan dengan wanita-wanita dari berbagai negara lain.

Prestasi Indonesia di Miss World, bisa dibilang sangat membanggakan. Di mana, Indonesia jadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam kategori penilaian fast track.

Serta kategori paling utama di ajang Miss World, yaitu beauty with a purpose. Terakhir, Miss Indonesia 2020, Carla Yules, sukses meraih posisi 6 besar Miss World 2021 dan berhasil jadi Miss World Asia 2021.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi