Nalar.ID

Momen Destinasi Imelda Budiman ke Danau Toba: Menonton F1 Power Boat dan Moderator ‘Pulang Kampung’

Nalar.ID, JAKARTA – Indonesia sukses menggelar kejuaraan dunia F1 PowerBoat 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/4/2024) lalu. Kejutan terjadi setelah pembalap debutan asal Kanada, Rusty Wyatt, sebagai juara.

Pembalap itu sukses menjadi yang terbaik saat di trek lurus terakhir. Usai perlombaan, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo ikut menyaksikan langsung dan mengapresiasi gelaran internasional ini. Diakuinya, gelaran ini bisa menjadi contoh dan pelopor bagi daerah lain di Indonesia yang akan mengembangkan sport tourism berskala internasional.

Imelda Budiman bersama chef Julio, Baldwin, dan pemilik Rumah Kaca, ibu Tiolona Sinambela. NALAR/Dok. Pribadi

“Saya bersyukur ini menjadi contoh yang bisa diaplikasikan di berbagai daerah. Terutama untuk mengembangkan Indonesia menjadi destinasi sport tourism kelas dunia,” kata Dito.

Diketahui, kejuaraan balap perahu super cepat yang kedua kali di Danau Toba tahun 2024 ini dilaksanakan pada 2-3 Maret 2024. Diikuti 18 pebalap dari lebih 10 negara. Diprediksi, dampak peningkatan ekonomi dari perlombaan olahraga air tahun ini bisa mencapai 20-25%.

Selain Menpora Dita, ada Imelda Budiman, diaspora asal Indonesia yang turut menonton jalannya kejuaraan tersebut. Lantas, apa alasannya menonton F1 PowerBoat ini?

“Saya ke Jakarta dalam rangka undangan Ibu Velisia Sitanggang, Ketua Indonesian Diaspora Network of the Americas, sekaligus Ketua Perhimpunan Hotel & Restaurant Indonesia cabang Kabupaten Samosir, untuk menjadi moderator dalam diskusi antar ke-8 Kabupaten Kawasan Danau Toba, pada 1-3 Maret 2024. Pas, di momen bersamaan, terlaksana juga event F1 Power Boat di Danau Toba. Jadi, selain mengikuti acara Pulang Kampung, saya juga menonton F1 PowerBoat,” jelas Imelda, salah satu pemain di film Matadewa dan Pariban dari Tanah Jawa.

Imelda Budiman bersama Velisia Sitanggang. NALAR/Dok. Pribadi

Imelda mengaku sangat berkesan selama menonton kejuaraan tersebut. “Sangat berkesan karena ini pertama kali saya menonton F1 PowerBoat ini. Kagum karena hanya ada satu pembalap wanita yang berkompetisi dengan pembalap pria. Melihat cara memindahkan boat dengan alat traktor juga menarik,” lanjut jebolan kontestan Mrs. Asia USA 2013 dan Mrs. World 2014 ini.

Dalam momen liburannya ke Tanah Air, tidak hanya menonton F1 PowerBoat, Imelda juga menjadi moderator dalam program wisata ‘Pulang Kampung’ pada 1-3 Maret 2024.

Imelda Budiman saat menonton kejuaraan dunia F1 PowerBoat 2024 di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (3/4/2024). NALAR/Dok. Pribadi

“Dalam acara Pulang Kampung, hadir Executive Sous Chef Emmanuel Julio from The Dharmawangsa, yang memasak dan mengangkat makanan Batak menjadi Fine Dining. Lalu, ada Bapak Baldwin, pengusaha cokelat ‘Jika’ di Kemang, Jakarta, yang ingin mengembangkan origin coklatnya dengan menggunakan biji coklat asli dari kawasan Danau Toba. Di acara Pulang Kampung, Baldwin melakukan coaching tanaman coklatnya di Rajawali Resort, Desa Ronggurnihuta, Samosir,” sambungnya.

Imelda Budiman di Museum Hutabolon Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, tepatnya di belakang Rumah Kaca. NALAR/Dok. pribadiNALAR/Dok. pribadi

Bersama Chef Julio dan Baldwin, Imelda juga melakukan research ke beberapa tempat di kawasan Toba. Mulai dari Ecovillage Silimalombu (keunikannya memproduksi wine dari Mangga), hingga Ruma Kaca, dan Museum Hutabolon Simanindo Samosir, untuk mempelajari bukan hanya kekayaan natural yang dimiliki, namun juga kekayaan budaya setempat.

Usai kunjungannya menjadi moderator di acara ‘Pulang Kampung’, Imelda, rencana akan kembali pulang ke Amerika Serikat pada 6 Maret 2024. Imelda, yang telah menetap di Amerika Serikat hampir 24 tahun lalu ini tetap cinta Indonesia dan selalu melakukan kunjungan sekali setahun ke Indonesia.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi