Nalar.ID

Mulai 2019, 50 Mal Pelayanan Publik Hadir di Kabupaten dan Kota di Indonesia

Nalar.ID, Jakarta – Mal pelayanan publik membawa peran besar serta kemudahan di tengah-tengah masyarakat. Sebab itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dibawah kepemimpinan Menteri Syafruddin, menargetkan setidaknya 50 mal ini bisa teralisasi di 2019.

Nantinya, kata Syafruddin, mal ini bisa mewujudkan kemajuan pelayanan publik secara nyata di kabupaten dan kota di 2019. “Target kami, mengenjot sampai 50 (mal) tahun depan,” tutur Syafruddin, dalam keterangannya di kantor KemenPAN-RB, Senin (22/10).

Syafruddin menambahkan, mal ini, nantinya, tak hanya sekadar membantu urusan umum masyarakat, tapi urusan-urusan teknis lain. Contohnya, lanjutnya, seperti kebutuhan masyarakat mengurus kebutuhan-kebutuhan sehari-hari, cukup datang ke satu tempat alias satu pintu.

“Sebelumnya, masyarakat bisa mengurus kebutuhan selalu berpindah-pindah tempat. Seperti membuat paspor, bayar listrik, mengurus pernikahan, ambil kredit di bank, dan lainnya. Mal ini dibuat satu tempat dengan nama mal pelayanan publik,” jelasnya. Pihaknya menargetkan, mal ini akan dihadirkan di setiap wilayah setingkat kabupaten.

Penulis: Erha Randy| Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi