Nalar.ID

Nafas Baru ST12 Band

Nalar.ID – Akhirya, Band ST12 resmi comeback di industri musik nasional. Band asal Bandung ini muncul dengan formasi anyar.

Mereka menggandeng Firman Siagian sebagai vokalis anyar. Firman, diketahui merupakan jebolan finalis Indonesian Idol season 2. Ia juga eks vokalis band The Fly.

Dalam keterangan ke sejumlah media beberapa waktu lalu, pemilihan Firman sebagai vokal bukan tanpa alasan. Pepep, drumer ST12 mengatakan, karakter yang dibawakan Firman cocok dengan genre musik yang diusung band tersebut.

Pepep menjelaskan, Firman, kebetulan berdarah Melayu. Tepatnya asal Sumatera Utara, Tapanuli Utara.

“Karena (band) kami sama-sama basic-nya Melayu, saya tak perlu lagi kerja keras untuk menyatukan visi misi untuk menyatukan warna dan chemistry di karakter khas ST12 selama ini,” tukas Pepep.

Proses Cepat

Dengan begitu, sekarang ST12 dihuni Firman (vokal), Pepep (drum), dan Indra (bass). Peluncuran formasi ini sekaligus menandai perkenalan single terbaru mereka berjudul Kepingan Hati. Diketahui, lagu ini merupakan repackage dalam album @ST12NafasBaru.

Firman mengaku, telah ditawari posisi sebagai vokalis sejak lama. Firman bergabung sekitar Juli 2019, atau setelah bulan Ramadan 2019.

“Prosesnya cepat. Saya bangga bisa dipercaya. Tapi sebelumnya, tahun 2014, Pepep datang ngajak saya untuk project featuring untuk solo. Setelah pertemuan itu, saya ok (gabung ST12),” kata Firman.

Proses ‘perkawinan’ Firman dan ST12 ini dibenarkan oleh CEO Nagaswara Music & Publishing Rahayu Kertawiguna. Ia menyebut, hal ini bukan sesuatu yang baru.

“Karena Firman sudah lebih dahulu menjadi bagian dari keluarga Nagaswara. Awalnya, Pepep bersama ST12 tanpa Firman datang sowan ke Nagaswara menceritakan ingin bergabung bersama Firman sebagai vokalis band ini,” imbuh Rahayu.

Melayu Modern

Dalam menentukan single ini, ST12 dan label, saling bersama menentukan. Boleh dibilang, lanjut Rahayu, tidak ada hambatan sama sekali dalam project ini. Baik single maupun kehadiran Firman.

“Dua bulan, proyek ini berjalan sesuai harapan. Tantangannya, tentu saja kami harus sukses bersama. Kami sepakat dan merasa yakin dengan vokalis baru ini bisa memberikan nafas baru untuk ST12,” ungkapnya.

Terkait positioning genre Melayu dalam band ini, Rahayu percaya, ST12 akan menjadi trending topic dan trend setter band Melayu modern saat ini. “Karena Melayu merupakan genre andalan selain DanceDhut di label Nagaswara,” lanjutnya.

Sebelumnya, Nagaswara telah memperkenalkan talent bergenre DanceDhut. Sebut saja Siti Badriah, Zaskia Gotik, dan lainnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi