Nalar.ID

Nanas Indonesia Berpeluang Besar Masuk Pasar Eropa  

Nalar.ID, Karawang – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan saat ini kondisi pasar ekspor produk hortikultura Indonesia semakin meningkat. Terutama untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa.

Hal tersebut diungkapkan Mentan berdasarkan kondisi sektor pertanian Cina yang selama ini memenuhi pasar Eropa sedang terganggu akibat dampak wabah Covid-19. Indonesia sebagai negara tropis juga menjadi salah satu negara produsen nenas dunia.

“Nenas sebagai komoditas tropis tidak ada dinegara subtropis dan ternyata nenas sangat dibutuhkan oleh masyarakat Eropa, tinggal saat ini kita perlu membuka akses untuk ekspor menggantikan Cina yang selama ini menjadi pemasok utama. Kita sedang jajakin,” tegas Syahrul di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (7/03/20) lalu.

Syahrul menambahkan selama ini justru Cina memanfaatkan produk nenas Indonesia untuk kebutuhan pasar Eropa yang ekspornya melalui Cina, ke depan peluang ini harus bisa langsung dimanfaatkan oleh kita sendiri.

“Saya kira bukan itu yang penting bahwa mereka lagi stuck sehingga kita harus masuk dan kami lagi berusaha melakukan intelegent market untuk itu,” ungkap Mentan.

Mentan SYL dalam kesempatan tersebut juga meminta agar para kepala daerah mulai dari desa, lurah, camat hingga bupati dan gubernur menggiatkan dan fokus terhadap pembangunan sektor pertanian, karena sektor pertanian menjadi solusi yang harus diambil dalam mensejahterakan masyarakat.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi