Nalar.ID

Oktober Ini, tvOne Tayangkan Film Sejarah ‘Operasi Trisula’ dan ‘Djakarta 1966’

Nalar.ID, JAKARTA – Pada Oktober ini, tvOne kembali hadir menayangkan film Penumpasan Pengkhianatan G30S. Ini adalah film sejarah “Operasi Trisula” dan film “Djakarta 1966” yang tayang pada Sabtu, 14 dan 28 Oktober 2023 mulai pukul 22.00 WIB.

Film ‘Operasi Trisula’ bercerita tentang operasi militer untuk melenyapkan anggota gerakan G30S. Diproduksi oleh studio PPFN, film tersebut dimaksudkan sebagai sekuel dari film G30S yang sudah lebih dahulu dibuat. Dalam keterangan resmi diterima Nalar.ID, film itu berkisah tentang anggota PKI yang melarikan diri dari Jakarta dan berbagai daerah. Kemudian mereka hidup kembali dan mengorganisir pergerakan dari daerah gurun, bukit dan gua.

Sedangkan film “Djakarta 1966” merupakan film dokumenter drama yang dirilis tahun 1988. Film berdurasi 135 menit ini disutradarai Arifin C. Noer dan kembali dibintangi oleh Amoroso Katamsi dan Umar Kayam. Selepas peristiwa G30S pada tahun 1965, berbagai kejadian terjadi di masyarakat terutama di Ibukota Jakarta.

Kedua film, “Operasi Trisula” maupun “Djakarta 1966”, merupakan karya sinematik yang terinspirasi dari peristiwa dan periode penting dalam sejarah Indonesia. Masing-masing film membawa penonton kembali ke masa lalu dengan penggambaran keadaan perjalanan sejarah yang dramatis pada situasi ketegangan sosial dan politik yang berdampak pada stabilitas negara.

Kedua film tersebut juga menampilkan peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam melawan ancaman terhadap negara. Dalam “Operasi Trisula”, diceritakan TNI ikut serta dalam operasi militer untuk menumpas pemberontak di Aceh.

Sedangkan pada “Jakarta 1966”, TNI berperan penting dalam menanggapi pemberontakan yang mengguncang stabilitas negara.

Saksikan film ‘Operasi Trisula’ pada Sabtu, 14 Oktober 2023 pukul 22.00 WIB; dan ‘Djakarta 1966’ pada Sabtu, 28 Oktober 2023 pukul 22.00 WIB.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi