Nalar.ID

Pandemi Melonjak, Dompet Dhuafa Kembali Gulirkan Crisis Center

Nalar.ID, Jakarta – Seiring meningkatnya kasus Covid-19 hari demi hari di sertai lonjakan pasien di beberapa rumah sakit. Dompet Dhuafa kembali mengaktivasi layanan Crisis Center dengan nomor hotline layanan 0811 16 17 101.

Crisis Center yang terpusat di LKC (Layanan Kesehatan Cuma-cuma) Dompet Dhuafa dan DMC (Disaster Management Center) Dompet Dhuafa akan melayani dan mendukung kegiatan masyarakat baik yang sedang isolasi mandiri maupun yang membutuhkan kesehatan lebih lanjut.

Dalam keterangan pers melalui virtual, belum lama ini, menurut dr. Yeni Purnamasari, MKM., Ketua Pelaksana Gugus Tugas Respon Covid-19 Dompet Dhuafa mengungkapkan, “Dompet Dhuafa melalui Crisis Center akan memberikan layanan berupa layanan ambulans bagi penyintas Covid-19, layanan bantuan untuk isolasi mandiri (isoman) berupa obat dan pemantauan berkala, dukungan oksigen salah satunya terdapat fasilitas mini station oksigen, layanan pemusalaran jenazah, layanan psikososial dan religi, layanan dapur umum di wilayah zona-zona merah hingga pendistribusian paket nutrisi dan sembako”.

Sebagai langkah dan upaya mendukung layanan Crisis Center itu, Dompet Dhuafa  membuka saluran Siaga (Hotline) COVID-19 di nomor layanan  0811 16 17 101. Lalu, mensiagakan sejumlah unit ambulan, menyiapkan dokumen protokol pencegahan Covid-19, mensiagakan relawan relawan medis serta non medis dengan berbagai profesi dan keahlian turut serta  bahu membahu untuk membantu masyarakat dan mensiagakan sejumlah mobil jenazah.

“Serta untuk Rumah Sakit Lapangan akan disiagakan sesuai dengan kebutuhan kasus apabila memerlukan tambahan Rumah Sakit Darurat disertai melonjaknya kasus,” tutur dr. Yeni Purnamasari.

Sebelumnya, pada gelombang kedua, Dompet Dhuafa telah menggulirkan layanan dengan permintaan paling tinggi, yakni pada ambulans, pemulasaran jenazah dan juga kebutuhan oksigen. Namun, di gelombang ke tiga ini, masyarakat mulai lengah, banyak klaster penyebaran yang mempercepat penularan.

Maka edukasi terhadap protokol kesehatan perlu terus digencarkan. Selain mengaktivasi kembali Crisis Center, dalam waktu dekat, Dompet Dhuafa akan menggulirkan vaksinasi booster.

“Kami biasanya berkoordinasi bersama puskesmas dengan layanan terpadu, karena harus melampirkan rujukan-rujukan itu,” imbuh dr. Yeni Purnamasari.

Senada dengan itu, Kepala Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit, menyampaikan pandemi ini adalah bencana non-alam. DMC merespon semangat gotong royong kerelawanan.

“Pada layanan sosial non-medis, DMC menggulirkan layanan disinfeksi dan layanan sosial berupa pemulasaran jenazah. Mendirikan dapur umum di zona merah, distribusi sembako, pendampingan psikososial dan religi. Selain di LKC, markas DMC saat ini menjadi Pos Crisis Center Dompet Dhuafa, sedangkan Pos Komando ada di Gedung Philantrhopy. Kami juga terbuka bagi warga untuk bersama-sama dalam semangat kerelawanan,” tambah Haryo.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi