Nalar.ID

Pandemi Picu Humas Pemerintah Adaptasi New Normal

Nalar.ID, Jakarta – Pandemi Covid-19 memicu motivasi pelaksana kehumasan pemerintah di Tanah Air menjalankan tugas secara baik.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi hubungan kemasyarakatan (humas) pemerintah semakin berat di tengah digitalisasi.

Maka itu, pelaksana kehumasan perlu beradaptasi. Serta menerapkan kebiasaaan baru di tengah tantangan yang kian berat. Johnny G. Plate menuturkan, dengan kondisi pandemi Covid-19, Indonesia hingga seluruh dunia dirangsang melakukan sejumlah aktivitas kehidupan non-digital menjadi kehidupan di ruang digital.

“Termasuk humas pemerintahan,” kata Johnny, secara virtual, belum lama ini di Jakarta.

Menteri Johnny juga menambahkan, momentum pandemi membawa perubahan sangat signifikan bagi tatanan gaya bekerja baru yang dialami para humas pemerintah. Menurutnya, saat ini pemerintah dituntut lebih aktif menyampaikan informasi kebijakan langsung melalui saluran media komunikasi kepada masyarakat. Kapan saja dan di mana saja.

“Ini perlu agar masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat secara nyata,” tukasnya.

Pihaknya juga menambahkan, pandemi juga ikut mendorong seluruh anggota humas pemerintah kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah mampu beradaptasi mengubah kebiasaan-kebiasaan baru.

“Dari sebelumnya berinteraksi fisik atau tatap muka di dunia nyata, kini pindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi,“ tambahnya.

Penulis: Radinka Ezar | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi