Nalar.ID

Pasca Peristiwa Keji, Warga Lembantongoa Terima Bantuan Rp 458 Juta

Nalar.ID, Sigi – Pemerintah, melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial (bantuan sosial) tragedi kemanusiaan di Desa Lembantongoa Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, senilai Rp 458.426.000.

Bantuan itu terdiri atas santunan ahli waris bagi korban meninggal sebanyak empat orang. Masing-masing Rp 15 juta setiap jiwa, paket sembako, paket perlengkapan bermain anak, paket belajar anak, hand sanitizer, masker, sabun dan paket perlengkapan ibadah.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos Sunarti, Jumat (4/12/2020).

Adapun, Sunarti meminta warga Desa Lembantongoa tidak terpancing provokasi isu yang menyesatkan di masyarakat. Kuatir, dapat menimbulkan konflik horisontal.

“Percayakan penanganan ini kepada aparat keamanan. Pemerintah berkomitmen kehadiran dan kepedulian terhadap keamanan dan kenyamanan warga,” tambah Sunarti.

Selain penyerahan simbolis bansos, Kemensos juga melakukan Layanan Dukungan Psikososial terhadap penyintas yang berhasil selamat dari tragedi kemanusiaan itu, yakni dengan melakukan teknik Progressive Muscular Relaxation (PMR).

“Ini bertujuan untuk membuat penyintas dapat merasakan rileks sehingga pikirannya dapat kembali disegarkan,” katanya.

Untuk mencegah peristiwa terulang kembali, lanjut Sunarti, pemerintah mengajak tokoh agama, masyarakat setempat, perwakilan gereja Bala Keselamatan dan Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta di Indonesia (PGPI). Mereka komitmen untuk menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi