Nalar.ID

Peluang RI sebagai Produsen Energi Ramah Lingkungan

Nalar.ID, Busan – Keikutsertaan Indonesia dalam pameran Enviroment & Energy Tech (ENTECH) 2021 di Busan Exhibition & Convention Center (BEXCO), Busan, Korea Selatan pada September 2021 lalu, menjadi upaya meningkatkan citra positif sebagai produsen energi ramah lingkungan.

“Harapannya, eksportir Indonesia bisa mempromosikan produk energi terbarukan kepada masyarakat Korea Selatan dan meningkatkan citra Indonesia sebagai produsen energi ramah lingkungan, dan menerapkan penggunaan energi terbarukan,” ujar Kepala ITPC Busan Reandhy Putera Dharmawan, kepada Nalar.ID.

Berdasarkan data Korea International Trade Association, Indonesia adalah pemasok terbesar untuk produk bahan baku energi biomassa dari minyak kelapa sawit dan turunannya (HS 1511) ke Korea Selatan dan dunia.

Pada periode Januari-Juli 2021, ekspor produk ini ke Korea Selatan mencapai USD 247 juta. Tumbuh signifikan 83,5% dibanding periode yang sama di 2020. Sementara, ekspor ke dunia sebesar USD 17 miliar pada 2020, nilai ini tumbuh 17% dibandingkan tahun 2020.

“Ini membuktikan Korea Selatan masih butuh pasokan bahan baku yang diolah melalui penerapan riset dan teknologi jadi produk energi terbarukan walau di tengah pandemi,” ujar Reandhy.

Ia berharap peluang ini dapat dimanfaatkan eksportir Indonesia untuk melakukan ekspansi pasar dan meningkatkan ekspor ke Korea Selatan.

“Dengan partisipasi pada pameran internasional, seperti ENTECH akan membentuk citra positif produk Indonesia. Calon mitra dagang, khususnya importir Korea Selatan dapat melihat secara langsung kualitas produk-produk Indonesia. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan calon mitra dagang sehingga dapat terbentuk sebuah siklus bisnis yang berkelanjutan,” tutupnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi