Nalar.ID

Pengalaman Imelda Budiman Menikmati Festival Bunga Sakura Nasional di Ibu Kota AS

Nalar.ID, Washington DC – Akhir Maret 2023 lalu, di Washington DC., Amerika Serikat (AS), dirayakan 110 tahun mekarnya bunga Sakura dalam Festival Bunga Sakura Nasional. Festival ini tak sekadar menandai awal musim semi tapi merayakan lahirnya sebuah tempat tujuan wisata. Khususnya, hubungan antara AS dan Jepang.

Setiap tahun, festival ini menarik lebih dari 1,5 juta pengunjung menyaksikan pohon-pohon yang semarak dengan bunga pink ini.

Sejumlah turis membanjiri Tidal Basin atau danau buatan. Di mana, pohon-pohon ini kali pertama ditanam pada 1912. Pada 1965, pemerintah Jepang menghadiahkan 3.800 pohon lagi ke ibu negara Lady Bird Johnson. Lalu, banyak ditanam di sekitar monumen Washington.

Salah satu wisatawan yang berkunjung ke festival itu adalah Imelda Budiman, jebolan kontestan Mrs. Asia USA 2013 dan Mrs. World 2014.

Thomas Jefferson Memorial di Amerika Serikat. NALAR/Dok.pribadi

Kebetulan, lima tahun terakhir lalu ini ia menetap di Potomac, Maryland. “Dari rumah ke Washington DC (lokasi festival) cuma 25 menit dengan mobil, sangat dekat,” kata Imelda.

Festival dirayakan tiap tahun di Washington D.C. untuk memperingati pemberian 3.020 pohon bunga sakura dari Walikota Tokyo untuk Amerika Serikat tahun 1912 sebagai lambang persahabatan kedua negara. Bunga Nasional Jepang ini memiliki arti pembaharuan dan keoptimisan hidup.

Tahun ini, Walikota Washington D.C., Muriel Bowser mengumumkan bahwa bunga sakura akan mencapai puncak kemekaran antara 22-25 Maret.

“Festivalnya sendiri, yaitu berbagai pertunjukan musik dan tarian bernuansa Jepang mulai 18 Maret-16 April 2023 di Tidal Basin (penampungan air besar berbentuk seperti danau) Washington DC,” ujar bintang film Matadewa dan Pariban: Idola dari Tanah Jawa ini.’

Imelda Budiman saat menikmati Festival Bunga Sakura Nasional di Ibu Kota AS, akhir Maret 2023. NALAR/Dok. pribadi

Suasana Kemeriahan

Kebetulan, dalam festival ini, Imelda berkunjung ke Tidal Basin bersama sang suami. Ia pun berbagi pengalaman selama berselancar di festival tersebut.

“Kami melihat bunga-bunga sakura Senin pagi, 27 maret 2023. Kalau weekend sebelumnya, mulai Jumat-Minggu, daerah Tidal Basin sangat padat, penuh dengan ribuan pengunjung. Jika padat susah untuk foto-foto bagus. Penyelenggara bahkan berharap lebih dari sejuta pengunjung bisa hadir di festival ini. Puji syukur, Senin pagi itu tidak hujan. Karena sempat on-off hari hujan di minggu itu,” jelasnya.

Imelda pun berkesan oleh suasana kemeriahan festival itu. Sambil jalan keliling, ia melihat banyak pengunjung berbusana sangat formal.
Mereka sangat siap berfoto cantik dengan sang Sakura, mulai dari pakaian nasional hingga pasangan dengan baju pernikahan.

Washington Monument di Amerika Serikat. NALAR/Dok. pribadi

“Setiap pengunjung terlihat sangat serius. Mereka menyiapkan momen indah bersama si cantik Sakura, karena umur Sakura sangat singkat, hanya 2 minggu. Di mana melambangkan kehidupan yang wajib dinikmati dan disyukuri, karena sangatlah singkat,”tutupnya.

“Saya sebenarnya sudah hampir 5 tahun tinggal di Washington DC area. Tapi, baru kali ini benar-benar keliling ke Tidal Basin untuk menikmati suasana cantik yang dipenuhi Bunga Sakura. Saya tidak mau ‘take it for granted’, karena ini event sangat unik di Washington DC,” tukasnya.
Bahkan, lanjutnya, banyak wisatawan dari luar kota hingga luar negeri, khusus mengunjungi event ini.

“Kebetulan, saya belum pernah ke Jepang. Jadi, ingin menikmati Sakura lebih dekat,” tambahnya.

Tentu, ada pengalaman tak terlupakan selama Imelda mengunjungi ke event festival itu.

“Kami sempat merasa berkah, karena pas kita di Tidal Basin, area parkir yang persis didepan itu seharusnya ditutup. Tapi, saat kita datang, pintu terbuka karena ada truk baru masuk. Santailah, kita bisa parkir 1,5 jam di sana. Menikmati bunga Sakura cantik di Tidal Basin dari sangat dekat,” ujarnya tersenyum.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi