Nalar.ID

Pengembangan Hanggar G Batam Aero Technic Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal-Nasional

Nalar.ID, BATAM – Batam Aero Technic (BAT) sebagai pusat pemeliharaan dan pengerjaan penanganan perbaikan pesawat udara (Maintenance, Repair, Overhaul/ MRO) telah beroperasi penuh sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kali ini mengumumkan progres pengembangan pembangunan hanggar ke-6 di kompleks Batam Aero Technic Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau.

Pengembangan hanggar ini, yang dikenal sebagai “Hanggar G,” merupakan tonggak penting dalam perjalanan pertumbuhan dan kemajuan Batam Aero Technic. Hanggar G akan menjadi fasilitas modern terbaru yang dirancang untuk memperluas kapasitas perusahaan dalam merawat pesawat dan memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan.

Dengan luas lebih dari 10.780 meter persegi, Hanggar G akan dilengkapi dengan peralatan dan teknologi canggih yang memenuhi standar internasional. Fasilitas ini akan mampu menampung berbagai jenis pesawat.

Antara lain, 4 kategori pesawat berbadan kecil seperti ATR 72. Lalu, 4 pesawat komersial berbadan sedang seperti Boeing 737 dan Airbus 320. Serta menyediakan layanan perawatan, perbaikan dan modifikasi yang lengkap.

“Hanggar G dijadwalkan akan beroperasi sepenuhnya pada Juli 2023. Dengan adanya penambahan Hanggar G, Batam Aero Technic secara keseluruhan memiliki kemampuan untuk menangani 23 kapasitas pesawat. Diperkirakan bahwa dengan adanya peningkatan ini, perusahaan akan mampu melakukan perawatan lebih dari 347 pesawat setiap tahun,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, kepada Nalar.ID, belum lama ini.

Pengembangan pembangunan Hanggar G oleh Batam Aero Technic memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan ekonomi secara lokal dan nasional.

1. Menciptakan lapangan kerja baru, dibutuhkan tenaga kerja ahli dan terampil, mulai dari teknisi, operator peralatan, hingga tenaga administrasi. Adanya lapangan kerja baru ini, akan terjadi peningkatan penghasilan dan kemampuan berbelanja masyarakat setempat.

2. Mendorong pertumbuhan industri terkait. Dalam mendukung operasional hanggar, akan ada kebutuhan akan penyediaan suku cadang, peralatan teknis, bahan bakar, dan berbagai layanan pendukung lainnya. Hal ini akan memberikan peluang bisnis bagi perusahaan lain untuk berkembang dan menciptakan sinergi ekonomi yang lebih luas.

3. Berkembangnya Batam Aero Technic sebagai pusat perawatan pesawat yang semakin besar, aktivitas bisnis yang meningkat akan berkontribusi pada peningkatan penerimaan pajak daerah. Peningkatan pendapatan daerah ini dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, dan berbagai program pembangunan ekonomi lainnya.

4. Meningkatkan daya saing industri penerbangan nasional, dapat menarik perhatian lebih banyak pelanggan dari dalam negeri dan luar negeri. Sehingga membawa dampak positif pada industri penerbangan nasional secara keseluruhan, meningkatkan citra industri dan kontribusi ekonominya.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi