Nalar.ID

Peran Penting Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas

Nalar.ID, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menegaskan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan kepariwisataan berbasis komunitas memiliki peran yang penting dalam upaya membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Sandiaga mengatakan di masa-masa sulit yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia dan dunia akibat pandemi COVID-19 ini, pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sejatinya perlu direvitalisasi kembali melalui kebijakan-kebijakan strategis para stakeholders.

Salah satunya, melalui konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan kepariwisataan berbasis komunitas yang dikemukakan oleh almarhum I Gede Ardhika, mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2001-2004.

“Pendekatan kepariwisataan berkelanjutan menjadi konsep dan nilai utama pengembangan kepariwisataan Indonesia yang dapat diwujudkan melalui implementasi program sustainable tourism development,” kata Sandiaga, dalam keterangan tertulis diterima Nalar.ID.

Sementara, terkait pengembangan kepariwisataan berbasis komunitas, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan hal ini dihadirkan melalui program pengembangan desa wisata yang kini menjadi program unggulan Kemenparekraf.

“Salah satu best practices di Indonesia adalah Desa Wisata Nglanggeran yg ditetapkan oleh UNWTO tahun 2021 lalu menjadi desa wisata terbaik di dunia. Selain itu banyak juga desa wisata lain yang turut berpartisipasi dan unggul dalam pengelolaannya, seperti pada platform Indonesia sustainable tourism award, sertifikasi desa wisata berkelanjutan, dan Anugerah Desa Wisata Indonesia yang kini menjadi salah satu program unggulan di kemenparekraf,” katanya.

Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi