Nalar.ID

Peringatan Dini Cuaca Jabodetabek 5 Januari 2020

Nalar.ID, Jakarta – Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Minggu, 5 Januari 2020, pukul 06.25 WIB, hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sejumlah tempat.

Diantaranya di Batuceper, Sepatan, Pakuhaji, Mauk, Kronjo, Teluknaga, Kosambi, Penjaringan, Kalideres, Benda, Babelan, Tarumajaya, dan sekitarnya pada pukul 06.55 WIB.

Kondisi cuaca itu dapat meluas ke wilayah Kresek, Balaraja, Rajeg, Pasarkemis, Jati Uwung, Tangerang, Cipondoh, Cengkareng, Kembangan, Kebon Jeruk, Grogol Petamburan, Tambora, Tamansari, dan Pademangan.

Kemudian di Tanjung Priok, Koja, Cilingcing, Muaragembong, Cabangbungin, Tambelang, Sawah Besar, Kelapa Gading, Cisoka, Gambir, Kemayoran, Cakung, Palmerah, Senen, dan sekitarnya.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BMKG, Agus Wibowo, kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 09.20 WIB.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk terus waspada terhadap potensi bahaya yang dipicu oleh kondisi cuaca tersebut. Masyarakat dapat memonitor prakiraan cuaca pada situs BMKG www.bmkg.go.id,” kata Agus, dalam keterangan tertulis kepada Nalar.ID, Minggu (5/1/2020)

Sementara itu, BPBD Kabupaten Karangasem, Bali menginformasikan cuaca ekstrem angin kencang yang mengakibatkan beberapa pohon tumbang.

Insiden tersebut terjadi pada pagi, Minggu (5/1/2020), pukul 04.55 Wita. Beberapa insiden tersebut terjadi di wilayah Karangasem, seperti di Desa Bebandem, Kec. Bebandem, Desa Manggis, Kecamatan Manggis, dan Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem.

Insiden beberapa pohon tumbang tadi telah berhasil ditangani oleh BPBD setempat dan akses jalan telah kembali normal.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi