Nalar.ID

Perluas Akses Masyarakat, HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Nalar.ID, Jakarta – Guna membantu akselerasi program vaksinasi nasional, HIPPINDO memperluas akses vaksinasi Covid-19. Akselerasinya di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya Solo, Jawa Tengah.

Di kota ini, HIPPINDO-Kementerian Koperasi UKM-TNI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan Tokopedia menggelar sentra vaksinasi di De’ Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar. Layanan vaksinasi dimulai sejak 17 Juli 2021 lalu.

Pada Sabtu (31/7/2021), sentra vaksinasi dikunjungi sejumlah pejabat pemerintahan. Di antaranya Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman,Bupati Karanganyar Juliyatmono,dan pejabat daerah lain.

Jerry berharap ini akan mempercepat terbentuknya kekebalan komunal sehingga seluruh aktivitas masyarakat kembali pulih. Termasuk kegiatan ekonomi.

“Kalau herd immunity sudah terbentuk, belanja jadi tenang, dunia perdagangan kembali normal, ekonomi kembali pulih,” ujarnya.

6 Kota

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah menyampaikan, sentra vaksinasi merupakan dukungan kepada pemerintah dalam percepatan vaksinasi guna mencapai herd immunity. Harapannya, pemulihan ekonomi segera terwujud.

“Ini juga bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar akses untuk mendapat vaksinasi gratis makin mudah,” ucapnya.

Hingga kini, HIPPINDO sudah membuka sentra vaksinasi di enam kota besar. Setelah Jakarta dibuka pada 7 Juni di Gedung Smesco, menyusul Solo Raya (17 Juli di De’ Tjolomadoe, Karanganyar), Bandung Raya (18 Juli di Paris van Java Mall), Jogja Raya (25 Juli di Jogja Expo Center), Semarang Raya (28 Juli di Auditorium Imam Barjo, SH, Undip), dan Surabaya Raya (30 Juli di Gedung Kencana, Bubutan). Sementara kota lainnya segera menyusul.

Di Jakarta, dalam kurun waktu 46 hari sejak dibuka pada 7 Juni – 22 Juli 2021, sentra vaksinasi HIPPINDO sudah memberikan vaksin Covid-19 tahap 1 kepada 91.669 akseptor. serta vaksin tahap 2 kepada 9.570 akseptor dari seluruh Jabodetabek. Sehingga total vaksin yang sudah diberi 101.239 dosis.

Adapun, para akseptor terdiri atas anggota HIPPINDO. Serta ekosistem di dalamn (asosiasi dan pelaku UKM), masyarakat umum, anak usia 12+, dan penyandang disabilitas. Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang berakhir 14 Agustus ini akan diberi ke 150 ribu akseptor dengan kuota 5.000 akseptor per hari.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi