Nalar.ID

Pertama dan Satu-satunya Supermarket Dimsum di Indonesia

Nalar.ID, Jakarta – Dimsum adalah salah satu jenis makanan yang sangat akrab di berbagai negara. Makanan khas asal Cina ini juga familiar dan mudah ditemukan di Indonesia. Salah satu gerai dimsum digital yang banyak digemari di Indonesia, yakni Dimsum49.

Terbukti, Dimsum49 memiliki lebih dari 50 agen dan 4.000 reseller di berbagai kota di Indonesia. Gerai ini tak hanya melayani pembelian melalui digital market, tetapi juga mulai merambah ke tempat distribusi supermarket dan restoran spesialis dimsum bernama Bolekaka.

Diketahui, pada 3 November 2021, Dimsum49 membuka supermarket dan
restoran Bolekaka di Jalan Raya Jatiwaringin Bekasi, Jawa Barat. Di lokasi ini juga menjadi pabrik kedua Dimsum49. Menariknya, Bolekaka adalah supermarket pertama dengan ikon Pusat Dimsum Indonesia yang memiliki lokasi nyaman dan Instagramable.

Bolekaka tak hanya menyediakan berbagai jenis dimsum dan frozen food berkualitas, tapi pengunjung juga bisa menikmati sajian dimsum di restoran Bolekaka.

Pemilik Bolekaka, Muhammad Kautsar berharap supermarket ini sebagai wadah customer experience bagi penggemar Dimsum49. Serta memperkuat fondasi hilir dari perusahaan Dimsum49.

“Harapannya ini bisa menyediakan experience belanja dimsum dan menjawab kebutuhan para penggemar dimsum di Indonesia. Selain itu, harapannya tempat ini bisa menjadi kebanggaan Kota Bekasi sebagai pusat dimsum Indonesia,” ujar Muhammad Kautsar, kepada Nalar.ID.

Hingga kini, Bolekaka sudah menjangkau pengiriman produk yang dibeli secara online. Dari Pulau Sumatera, Jawa hingga Bali.

Adapun, cikal bakal Bolekaka dimulai dari usaha mikro yang dirintis Muhammad Kautsar sejak tahun 2015. Awalnya, ia jualan siomay dengan menyewa ruko.

Sayangnya, usaha ini terus merugi. Tak patah semangat, Muhammad Kautsar mencoba merambah pasar baru, yakni dengan berjualan di bazar, gedung perkantoran, car free day hingga digital market.

Pada 2018, Kautsar melihat peluang tingginya permintaan produk dimsum di dunia online.

Mendapat respon positif dari masyarakat, dalam kurun waktu dua tahun, yakni 2019-2020, Bolekaka memiliki 2.000 reseller di Jabodetabek dengan lebih dari 75 ton dimsum yang di produksi setiap bulan. Bolekaka juga mendapat review yang baik dari ahli kuliner, William Ghozali.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi