Nalar.ID

Pertama di Indonesia dan Dunia, Kapolres Kendal Cetak Penghargaan Ini

Kendal, Nalar.ID – Belum lama ini Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita, SH. M.Si., mengukir sejarah dan prestasi gemilang. Ia baru saja menjabat pemegang tongkat komando Polres Kendal. Jabatan nomor satu di tubuh Mapolres Kendal ini baru sebulan ia raih.

Bagaimana tidak, mantan Kapolres Konawe Selatan ini mengumpulkan masyarakat Kendal di Lapangan Mapolres Kendal, 30 Desember 2018, Minggu pagi lalu. Di sana, ia meminta kritik, masukan, dan saran, kepada 1.500 masyarakat Kendal. Ia juga melibatkan Forkopimda dan camat, sampai tingkat desa atau kelurahan.

Diketahui, peristiwa ini baru kali pertama terjadi di tubuh jajaran Polri. Sebab, secara terang-terangan, lulusan PPSS 2001 ini meminta masyarakat menuliskan apa saja kukurangan dan kejelekan Polres Kendal. Tujuannya, untuk mengetahui apa saja yang selama ini perlu diperbaiki oleh Polres tersebut.

“Silahkan, bapak dan ibu tulis apa saja kekurangan pelayanan Polres Kendal. Tulis yang jelek-jelek tidak apa-apa, sebagai evaluasi untuk memperbaiki Polres Kendal kedepan,” kata Hamka.

Program evaluasi kinerja yang dilaksanakan secara langsung dan terbuka ini kali pertama dilakukan di Polres Kendal dan Polri. Pertama kali di Indonesia, gebrakan ini ia nilai belum pernah dilaksanakan di dunia.

Sejarah Polri

Atas prestasi tersebut, Polres Kendal mencetak rekor baru, yakni Lembaga Prestasi Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID). “Ini pertama kali di dunia. Tak hanya rekor baru tapi sejarah baru bagi institusi Polri,” kata General Manager LEPRID, Fitricia Arisusanti, saat menyampaikan hasil penilaian rekor, dihadapan Hamka dan ratusan warga Kendal.

Penghargaan ini digagas oleh Kapolres Kendal dan bekerjasama dengan ‘Media Sosial Polisi Selebriti’, dan Bupati Kendal.

Selain Hamka, piagam LEPRID juga diberikan kepada Ketua MUI Cabang Kendal, Wakapolres Kendal, Media Sosial Polisi Selebriti Zandre Badak, Bupati Kendal Mirna Annisa, Ketua DPRD Kendal Prapto Untono, Dandim 0715/Kendal Letkol Czi. Hendro Edi Busono.

Menurut Hamka, acara ini digagas sebagai implementasi program Kapolri dalam menerapkan Promoter, atau biasa disingkat profesional, modern, dan terpercaya. Ini merupakan hasil evaluasi dan kritik, serta saran dari masyarakat memperbaiki kinerja Polres Kendal menuju Polres inovatif dan inspiratif.

“Semoga masukan masyarakat ini membuat program Polri mampu melayani dan mengayomi agar semakin mencintai Polri,” tandas Hamka.

Bupati Kendal, Mirna Annisa, mengapresiasi terobosan Kapolres Kendal yang baru ini. Hamka berharap, terobosan ini menjadikan Kabupaten Kendal kian berprestasi dan terbaik dalam melayani masyarakat.

Laporan: Zandre Badak | Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi