Nalar.ID

Pesan Menkominfo agar Startup jadi Unicorn

Nalar.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan, daya tarik (traksi) adalah faktor utama para perusahaan rintisan (startup) agar segera naik kelas ke unicorn. Daya tarik tercermin dari jumlah pengguna sampai pendapatan.

“Model bisnis startup dilihat dari traction. Seberapa besar dan cepat merambah pasar,” kata Rudiantara dalam diskusi di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Rudi menjelaskan, agar dapat merambah pasar secara cepat, para startup ini harus segera ekspansi ke pasar Asia Tenggara. Startup juga harus punya pola pikir menyelesaikan masalah di masyarakat. Ia menyontohkan, Go-Jek memberi solusi praktis bagi masyarakat.

Ia mengatakan, Go-Jek membuat ojek tidak pasif menunggu penumpang. Sebab, secara aktif, mencari penumpang yang sudah memesan dengan lokasi jelas. “Tapi Nadiem Makarim (CEO Go-Jek), permasalahannya adalah ojek pangkalan (opang),” katanya.

Tak hanya itu, startup juga harus punya model bisnis jelas. Ia harus bisa menyelesaikan permasalahan masyarakat. Disisi lain, kata Rudi, banyak founder dan co-founder startup, langsung menjual saham saat perusahaan baru sukses. Padahal, kata Rudi, model bisnis startup membuat para investor menuntut founder dan co-founder tetap berada di pucuk kepemimpinan.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi