Nalar.ID

Ponsel Lemot? Ini Tips Maksimalkan RAM

Nalar.ID, Jakarta – Kinerja telepon seluler (ponsel) Anda terkadang melambat? Kemungkinan besar kapasitas Random Access Memory (RAM) yang penuh bisa membuat kinerja ponsel lambat. RAM merupakan tempat mencadangkan data pada ponsel dalam waktu tertentu.

Biasanya, penyimpanan RAM memiliki kapasitas terbatas, yakni 4GB sampai 12GB, atau pada banyak ponsel terbaru.

Dilansir dari Android Pit, Senin (13/4/2020), semakin banyak RAM yang tersisa di ponsel, semakin banyak yang bisa Anda lakukan.

“Misalnya, dapat membuka lebih banyak tab browser, lebih banyak aplikasi yang berjalan. Atau lebih banyak fitur sistem melakukan tugasnya. Sebaliknya, saat banyak aplikasi yang diunduh dan kapasitas RAM menjadi penuh, ponsel akan menjadi lebih lambat,” tulis, dalam laporannya.

Berikut sejumlah kiat untuk memaksimalkan RAM pada ponsel Android:

Pertama, membatasi widget dan wallpaper live. Keduanya cukup menyita penggunaan RAM. Selain itu menyebabkan baterai terkuras lebih cepat.

Kedua, tutup atau hapus instalan aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan di ‘Pengaturan’  dan ‘Aplikasi’, lalu ketuk ‘Aplikasi’. Di bawah judul ‘Memori’, Anda dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam tiga jam terakhir.

Ketiga, dari sana Anda dapat berhenti paksa aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka pendek. Atau cukup uninstall bila merasa itu tidak layak digunakan nanti.

Penulis: Erha Randy | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi