Nalar.ID

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020: Komitmen Pelaku Ikraf Berkarya Saat Pandemi

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung penyelenggaraan Prambanan Jazz Virtual Festival 2020. Ini bagian dari wujud inovasi dari pelaku industri kreatif subsektor musik untuk tetap konsisten berkarya di tengah pandemi Covid-19.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 berlangsung pada Sabtu (31/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020). Ini merupakan festival musik jaz yang digelar setiap tahun sejak tahun 2015 secara offline.

Namun, kondisi pandemi Covid-19 membuat Prambanan Jazz Festival (PJF) tahun 2020 ini mengubah konsepnya menjadi virtual musik. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, menyambut baik Prambanan Jazz Festival.

Hal ini menunjukkan semangat dan komitmen dari para pelaku industri kreatif untuk tetap mewujudkan suka cita dan inovasi di tengah pandemi Covid-19.

“Besar harapan para pelaku ekonomi kreatif dapat bekerja sama mewujudkan komitmen untuk tetap berkarya, ciptakan inovasi, kreativitas, dan menampilkan karya-karya kebanggaan bangsa kita,” kata Wishnutama dalam sambutannya, Sabtu (31/10/2020). 

Wishnutama menjelaskan, protokol kesehatan yang dilakukan Prambanan Jazz Festival ini diharapkan bisa menjadi konsep experience dan alternatif penyelenggaraan event  festival musik di masa pandemi ini. 

Founder Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi, mengatakan, tak mudah menyelenggarakan perhelatan di tengah situasi pandemi.

Sebab, proses panjang terkait perizinan penyelenggaraan harus dilalui demi terwujudnya Prambanan Jazz Festival 2020 di masa pandemi. 

“Usaha keras kami akhirnya bisa membuat Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara,” kata Anas. 

Menurut Anas, keputusan menggelar Prambanan Jazz Festival 2020 secara virtual ini merupakan langkah terbaik demi menekan angka penularan virus Covid-19.

“Ini langkah terbaik yang bisa ditempuh saat ini. Saya menyampaikan permohonan maaf kepada #PJFLovers karena belum bisa menggelar perhelatan secara offline,” ujarnya. 

Hari pertama gelaran Prambanan Virtual Jazz Festival diisi deretan musisi, yakni Joko In Berlin, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Pusakata, Tompi dan Tulus. 

Vokalis Fourtwnty, Ari Lesmana, di sela-sela penampilannya mengaku bangga bisa tampil di gelaran Prambanan Jazz Festival 2020. “Jaga kesehatan semua, semoga pandemi ini segera berakhir,” kata Ari. 

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi