Nalar.ID

Proyek Sirkuit Formula E: Trek Balapan Sudah Siap

Nalar.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo memastikan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, siap digunakan untuk ajang balap mobil listrik pada Juni mendatang. Kepastian ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung perkembangan proyek itu pada Senin, 25 April 2022.

“Saya kira untuk trek balapan sudah siap,” kata Jokowi, kepada awak media, dilansir dari presiden.go.id.

Jokowi berharap proyek pembangunan sirkuit tersebut bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. “Kemudian, mungkin yang dikejar paddock dan grand stand-nya, masih ada waktu untuk nanti setelah Lebaran. Kita harap, proyek ini bisa berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pembangunan lintasan ini sudah selesai 100 persen. Kini, proyek itu sedang menyelesaikan pembangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan Formula E.

“Nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar untuk pelindung. Semua yang nanti itu kita kerjakan dan persiapan fasilitas bagi tamu-tamu yang menggunakan holding di sebelah. Tapi, secara umum treknya sudah 100 selesai,” kata Anies.

Diketahui, sirkuit Formula E memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dan lebar 12 kilometer. Sirkuit ini memiliki ciri khas, di mana di beberapa tikungan terdapat kemiringan yang memungkinkan setiap pembalap memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

“Menurut FEO (Formula E Operations), teman-teman dari FEO ini adalah trek menarik. Ini cukup cepat, hanya 2 bulan. Insya Allah, ini akan masuk juga ke museum di Indonesia jadi salah satu trek yang tercepat kita bangun,” ujar Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sekaligus Vice Managing Director Organization Commitee Jakarta Eprix 2022 Gunung Kartiko.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi