Nalar.ID

Puan Minta Anggaran Covid-19 Digunakan untuk Perlindungan Anak

Nalar.ID, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani terus mendorong pemerintah mempercepat realisasi belanja anggaran penanganan Covid-19. Belanja itu salah satunya harus dipergunakan untuk perlindungan anak-anak Indonesia terdampak pandemi.

“Anak-anak salah satu kelompok paling rentan dalam pandemi ini. Mulai dari terinfeksi langsung, ditinggal wafat orang tua, sampai belajarnya terganggu,” kata Puan, di Jakarta, Jumat (23/7/2021).

Menurutnya, kata Puan, pemerintah harus memberi perhatian khusus terhadap anak-anak lewat serapan anggaran yang dipergunakan untuk melindungi anak-anak Indonesia dari dampak Covid-19.

“Perlindungan itu bisa dalam bentuk bantuan alat belajar online, santunan atau beasiswa bagi anak-anak yang ditinggal wafat orangtua mereka. Terlebih jika orangtuanya salah satu tenaga kesehatan yang gugur karena berjuang menghadapi pandemi ini,” jelasnya.

Mantan Menko PMK ini melanjutkan, anggaran negara untuk penanganan Covid-19 penting untuk digunakan penanggulangan masalah kesehatan dan ekonomi rakyat terdampak pandemi. Namun, belanja untuk perlindungan anak juga hal tak kalah penting.

“Jangan sampai ada lost generation karena pendidikan anak-anak Indonesia hari ini terganggu akibat pendemi,” ujarnya.

Penulis: Erha Randy | Editor: Erha Randy

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi