Nalar.ID

Punya 85 ‘Gold Creator’, Indonesia Punya Banyak YouTuber Subscriber Lebih 1 Juta

Nalar.ID, Jakarta – Dunia digital semakin erat dengan kehidupan manusia. Content creator adalah mereka yang mampu membuat konten menarik dan kreatif. Diantaranya video, foto, desain, dan lainnya.

Salah satu platform content creator adalah YouTube. Dari keterangan Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria, content creator YouTube di Indonesia sudah merangkak ke angka 122 ribu dari total 350 ribu di dunia.

“Untuk demografi, penonton atau creator-nya lebih banyak dari generasi muda dan milenial. Rata-rata usia 18-35 tahun. Tapi bukan berarti enggak ada audiens atau content di atas itu. Contohnya Merry Riana atau ada channel di Yogyakarta bernama ‘Success Before 30’, ada yang usia sudah 40 tahun. Malah subscriber-nya sudah banyak,” kata Fibriyani, kepada Nalar.ID, di Jakarta, Kamis (4/10).

Soal konten, lanjutnya, yang paling banyak ditonton adalah konten musik. Baik tingkat lokal (Indonesia) atau global. Kata dia, konten musik paling banyak peminatnya. “Kalau bicara di luar (negeri), ada beauty, entertainment, sampai ‘how to’ juga banyak,” sambungnya.

Sayangnya, pihak Google enggan membocorkan seberapa banyak presentase tersebut. Diketahui, YouTube, segera menghelat ajang para kreator berjumpa dengan penggemarnya. Acara bertajuk ‘YouTube Fanfest 2018’ ke-4 digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, pada 6 Oktober mendatang.

Nantinya, acara puncak ini akan dihadiri sejumlah content creator. Di mancanegara, ada nama Janine Wiefel, Raon Lee, dan Merrel Twins. Sementara, di Tanah Air, ada Nanda Arsyinta, SkinnyFabs, dan Gen Halilintar.

Di dunia, acara itu sudah diselenggarakan di 12 negara. Diketahui, ajang ini menyedot pertumbuhan kreator YouTube. Adapun, tahun 2017, peningkatan kreator mencapai 63 persen atau sekitar 200 ribu kreator per tahun. Fibri menambahkan, di Indonesia sendiri, ada sekitar 85 ‘Gold Creator’ pada 2018.

“Tahun ini meningkat pesat. Tahun 2017 cuma sekitar 17 ‘Gold Creator,” imbuhnya. Sebagai informasi, predikat ‘Gold Creator’ ditujukan bagi mereka yang memiliki subscriber di atas 1 juta.

Penulis: Veronica Cathlea Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi