Nalar.ID

Raih Debut Opini BPK, Ini Misi TVRI sebagai Televisi Bermutu

Nalar.ID – Proses tidak pernah mengkhianati hasil. Kerja keras Televisi Republik Indonesia (TVRI) dalam menayangkan ulasan cerdas, bermutu, dan membawa persatuan bangsa di era digitalisasi, kini berujung manis.

Tidak hanya memperbaiki kualitas dan mutu siaran, TVRI juga membenahi serta memperbaiki tata kelola keuangan. Terutama pertanggungjawaban dan laporan keuangan.

Hasilnya, TVRI meraih opini prestisius. Lembaga Penyiaran Publik (LPP) ini meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Raihan tersebut berdasarkan laporan keuangan tahun 2018. Prestasi tersebut disampaikan oleh Anggota III BPK Achsanul Qosasi di Gedung TVRI, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2019) lalu.

Di tempat yang sama, Direktur Utama LPP TVRI Helmy Yahya, menjelaskan bahwa perolehan WTP adalah prestasi tertinggi yang diperoleh TVRI tahun 2019.

“Sebelumnya, kami menjadi langganan opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP) atau Disclaimer alias, dan Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK,” kata Helmy.

Helmy menambahkan, ini merupakan perjuangan yang dilakukan Dewan Pengawas dan Direksi. “Serta seluruh karyawan. Baik di pusat hingga di daerah dalam memperbaiki tata kelola keuangan. Terutama penataan aset dan pertanggungjawaban hingga pelaporan keuangan,” ujar Helmy.

Orang nomor satu di TVRI ini berharap, prestasi WTP bisa menjadi tolok ukur transformasi dalam tubuh dan lingkungan TVRI. Khususnya pada sektor keuangan dan pengelolaan anggaran yang akuntabel.

Ia berjanji, catatan dari BPK tersebut akan segera ditindaklanjuti pihak TVRI. “Predikat WTP ini menjadi modal dalam membangkitkan kepercayaan kepada mitra serta beberapa pihak lain yang akan bekerjasama dengan kami,” imbuh Helmy.

Helmy optimis, mitra kerja TVRI bakal semakin progresif untuk meningkatkan dan membantu menghadirkan tayangan berkualitas dan bermutu.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi